RT 12 Turus Wetan Siap Dinilai

0
562 views

WALANTAKA – Warga RT 12 RW 01, Lingkungan Turus Wetan, Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Walantaka, siap menyambut kedatangan tim juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Penataan lingkungan kampung ini telah dinyatakan rampung.

“Kami sebetulnya sudah siap untuk dinilai, karena penataan lingkungan kami sudah selesai. Pos ronda sudah. Sekarang kami tinggal fokus merawatnya, khususnya tanaman di pinggir jalan,” jelas Rosita, istri dari ketua RT 12 pada Minggu (23/8).

Rosita yang lebih akrab disapa Ibu Ros itu mengaku selalu rutin mengingatkan warga. Setiap hari, ia berkeliling kampung untuk meminta warga agar merawat tanaman di depan rumahnya dan di pinggir jalan.

“Saya setiap hari keliling, ngecek tanaman yang sudah kami pasang. Kan ada tanaman yang langsung ke tanah, ada juga tanaman yang menggunakan pot. Saya lebih fokus ngecek tanaman yang digantung di pagar-pagar. Kan itu mah ada di pinggir jalan, jadi perlu ada yang ngecek supaya enggak mati. Kadang, saya juga turun nyiram tanaman,” tutur Rosita.

Anggota Kelompok Pemuda Penggerak Lingkungan RT 12 Maksum mengatakan, perubahan di RT-nya tidak hanya dari lingkungannya. Perilaku warga juga berubah. Banyak warga RT ini yang sadar pentingnya lingkungan. Hal itu bisa dilihat dari inisiatif warga membeli sendiri tanaman untuk menghijaukan halaman rumahnya.

“Dulu, paling di satu rumah ada dua sampai tiga pot doang. Sekarang, hampir di setiap rumah penuh tanaman, dan itu mereka beli sendiri,” jelas Maksum. (rio/don)