RT 13 Ciwirumasjid Terjun Bebas

0
348 views

WALANTAKA – Tidak dirawat. Diabaikan. Dulu bagus, sekarang hancur. Itulah kondisi lingkungan RT 13 RW 02, Kelurahan Cigoong, Kecamatan Walantaka, Rabu (9/9). Tim 3 Juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 pun kecewa. RT di Lingkungan Ciwirumasjid ini jauh dari ekspektasi tim juri.

“Pas penilaian kedua (kemarin-red), saya lihat, (warga-red) lingkungan ini makin lembek. Waktu penilaian pertama lalu (awal Mei 2020-red), saya lihat di lingkungan ini sudah bagus. Penghijauan ada, apotek hidup ada, warung hidup ada, pos ronda lengkap, ruang terbuka hijau juga sudah ada. Tapi sekarang (kemarin-red), yang tersisa cuma pos ronda saja. Sisanya enggak ada lagi,” tukas Ade Jumaiah, juri perwakilan dari Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Serang.

Hasil penataan lingkungan RT 13 memang seolah hilang. Sebut saja tanaman yang sempat menghijaukan pinggir jalan. Kini, mayoritas mati. Kendati masih ada, cuma ada satu atau dua pohon. Itu pun tidak subur.

Kondisi itu, menurut Ade Jumaiah, menandakan bahwa warga RT 13 kurang peduli terhadap kampungnya. Kesadaran warga akan kebersihan juga dinilai masih kurang. Kampung ini menjadi kotor.

Istri dari Walikota Serang itu menyayangkannya. Sebab, warga sudah bekerja keras bergotong royong membenahi kampungnya. Namun, hasil akhirnya tidak bagus.

“Ketua RT sama ketua RW-nya kerja di Jakarta. Pulangnya enggak tentu, ya akhirnya warga tidak ada yang menggerakkan. Jadi, penataan yang sudah dilakukan sebelumnya terbengkalai tidak terawat,” tandas Ade Jumaiah.

“Kalau kesadaran masyarakatnya kurang, memang susah. Ada saja alasannya. Ya ekonomi, ya kerja. Pokoknya ada aja alasannya,” tutupnya.

Peningkatan RT ini pada penilaian tahap dua sekaligus terakhir, tambah Iptu Bingonilah, hanya kelengkapan persyaratan pembentukan kelompok sadar hukum. Kelompok ini telah disahkan oleh Lurah Cigoong melalui surat keputusan.

“Makanya, penataan di sini (RT 13-red) yang tersisa tinggal pos rondanya, dan peningkatannya hanya penambahan SK,” tegas juri perwakilan dari Polres Serang Kota itu. (rio/don)