RT 14, Lingkungan Sadar Hukum

CURUG – Warga RT 14 RW 01, Kelurahan Pancalaksana, Kecamatan Curug, punya strategi berbeda. Agar masuk nominasi juara di Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, mereka bertekad menjadikan kampungnya lingkungan sadar hukum. Warga RT di Lingkungan Cibeo Nyomplong ini mengedepankan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Konsep lingkungan sadar hukum, kata Ketua RT 14 Jumrani, bukan asal pilih. Konsep ini disepakati bukan karena banyak warganya yang terlibat persoalan hukum. Akan tetapi, justru menjadi dasar bagi warganya agar tidak terlibat permasalahan hukum. Serta, untuk mempertahankan status RT 14 yang bebas tindak pidana.

“Tema ini (lingkungan sadar hukum-red) kami pilih hanya untuk meningkatkan kewaspadaan. Kami punya kelompok sadar hukum yang tugasnya mendekteksi permasalahan hukum di lingkungan. Baik soal KDRT (kekerasan dalam rumah tangga-red) atau lainnya. Alhamdulillah, selama ini belum ada laporan. Selama ini, warga kami kondusif dan aman. Kami ingin meningkatkan lagi agar ke depan, selalu tetap aman dan kondusif,” kata Jumrani kepada Radar Banten, Minggu (26/4).

Agar lingkungan sadar hukum terwujud, kata Jumrani, warganya telah aktif ronda malam. “Semua elemen masyarakat secara bergantian mendapat giliran ronda. Kami tidak ingin kecolongan dengan kasus pencurian atau kejahatan lainnya di RT 14,” tegasnya.

Kategori LRLA lainnya, seperti lingkungan paling berbunga, lingkungan terinovatif, lingkungan paling hijau, partisipasi masyarakat terbaik, dan kelompok pemuda penggerak lingkungan, tidak diabaikan oleh warga RT ini. “Semua warga, insya Allah, kompak. Kami sudah punya rencana penataan lingkungan. Dimulai dari pemagaran sisi kiri-kanan jalan lingkungan, penghijauan, dan penataan lainnya,” ujar Jumrani.

Lurah Pancalaksana Ahmad Supi menyatakan, enam RT yang ditunjuk mewakili Kelurahan Pancalaksana di LRLA sudah mulai berbenah. “Tapi ya itu tadi, virus corona, banyak-sedikit mengganggu kegiatan masyarakat. Saat ini, tidak banyak yang bisa dilakukan. Paling bersih-bersih lingkungan di sekitar kediaman masing-masing. Setelah virus corona reda, kita akan lakukan persiapan LRLA 2020 lebih maksimal,” katanya. (dre/don)