RT 15, Savana di Lingkungan KS

0
1.166 views

TAKTAKAN – Dua taman telah dibangun. Keberadaannya menambah suasana di RT 15 RW 05, Lingkungan Krakatau Steel (KS), Kelurahan Tamanbaru, Kecamatan Taktakan, semakin asri. RT ini siap menghadapi penilaian tahap dua Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, Agustus nanti.

Saat ini, lingkungan RT 15 bagai savana. Permukiman yang mayoritas dihuni oleh pensiunan pegawai PT Krakatau Steel ini berbeda dengan RT lain di sekitarnya.

RT 15 jauh lebih bersih, rapi, dan enak dipandang sejak awal memasuki gapura. Pot-pot tanaman berjejer rapi di kanan-kiri jalan. Di bagian dalam perkampungan ini, ada dua taman. Keduanya diberi nama Taman Kita. Sementara, perkampungan di sekitarnya, terkesan kumuh.

Taman Kita yang pertama berlokasi di bagian depan RT 15 dengan luas 300 meter persegi. Taman Kita kedua di bagian belakang seluas 200 meter persegi. Namun, warga lebih memfokuskan penataan taman di lokasi taman pertama.

Ketua RT 15 Ashuri mengatakan, lahan yang digunakan untuk taman, dulunya merupakan lahan tak terpakai dan tak terurus. Penuh rumput liar dan menjadi tempat pembuangan sampah. ”Tapi sekarang, kita ubah jadi Taman Kita,” kata Ashuri kepada Radar Banten, Rabu (29/7)

Taman ini dikelilingi oleh pagar bambu. Di dalamnya terdapat berbagai jenis tanaman hijau dan bunga. Ada pula hiasan replika angsa dari ban mobil bekas. Kreasi warga.

Spot foto dari bambu juga menambah hiasan di dalam taman. Warga mengecatnya dengan beberapa warna.

”Waktu penilaian tahap pertama mah belum jadi tamannya,” terang Ashuri.

Ketua RW 05 Engkus menambahkan, perubahan RT 15 terjadi setelah warganya bergotong royong. Warga memulainya sejak Januari 2020. Setiap hari Sabtu dan Minggu, warga membersihkan lingkungan.

”Kita juga mengaktifkan kembali siskamling. Semua alat keamanannya sudah lengkap,” tegas Engkus.

Lurah Tamanbaru Artawi menilai, kedisiplinan dan kekompakan warga RT 15 dalam menjaga kebersihan lingkungan patut diapresiasi setinggi-tingginya. Ia berharap, hal ini bisa terus dipertahankan meski LRLA sudah selesai.

”Urusan juara atau tidak, itu soal belakangan. Yang penting, warga semangat dan kompak jaga kebersihan,” pungkas Artawi. (mg06/don)