RT/RW Diminta Bantu Sensus Penduduk Online

0
620 views
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah melakukan video konferens bersama para camat di Pendopo Bupati Serang, Kamis (14/5).

SERANG – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meminta pemerintah kecamatan, desa, hingga Ketua RT/RW membantu proses sensus penduduk online. Capaian sensus penduduk online di Kabupaten Serang masih jauh dari target.

Hal itu disampaikan Tatu kepada wartawan usai melakukan video konferensi bersama seluruh camat se-Kabupaten Serang di Pendopo Bupati Serang, Kamis (14/5). Hadir Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Sekda Pemkab Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri, dan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Serang Indra Warman.

Tatu tidak menampik, masih banyak masyarakat Kabupaten Serang yang belum menguasai teknologi. Oleh karena itu, ia mendesak para camat, kepala desa, hingga Ketua RT/RW ikut membantu masyarakat melakukan proses sensus online. “RT di kita ada lebih dari 5 ribu. Kalau setiap RT mendampingi lima orang saja, sudah signifikan progresnya,” ujarnya.

Menurut Tatu, sensus penduduk online tidak akan berhasil jika hanya sebatas imbauan, tetapi pemerintah juga harus terjun ke masyarakat. “Tentunya dengan kondisi saat ini harus menggunakan protokol Covid-19,” imbaunya.

Dari jumlah penduduk sekira 1,5 juta jiwa di Kabupaten Serang, kata Tatu, berdasarkan laporan dari BPS, baru 91.844 jiwa yang sudah sensus penduduk online. Sementara, BPS menargetkan 20 persen. “Ini masih jauh dari target,” katanya.

Sementara itu, Kepala BPS Kabupaten Serang, Indra Warman meminta, adanya langkah konkret dari pihak kecamatan di Kabupaten Serang untuk membantu sensus penduduk online karena capaiannya sangat rendah. Apalagi, diakui Indra, di tengah pandemi Covid-19 saat ini, pihaknya tidak mungkin melakukan sensus penduduk secara manual. Karena, anggarannya sudah digeser untuk penanganan Covid-19. “Makanya kita harus maksimalkan sensus penduduk online ini,” pintanya. (jek/zai)