RTH dan Taman Bermain dalam Perencanaan RT 03 Lebak

0
506 views

WALANTAKA – RT 03 RW 04, Lingkungan Lebak, Kelurahan Lebakwangi, Kecamatan Walantaka, tidak mau kalah dari RT lain peserta Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Warga kampung ini berencana membangun ruang terbuka hijau (RTH) dan taman bermain.

“Sekarang sih masih libur penataan, tetapi tidak full karena ada warga yang tetap memasang pagar. Kami akan mulai gerak lagi pertengahan Juni ini, karena menunggu tanamannya tumbuh,” kata Ahmad Kusaeri, Ketua RT 03, Selasa (2/6).

Pada penilaian tahap pertama, 4-15 Mei, respons tim juri LRLA terhadap RT ini disebutkan cukup bagus. Alasan Kusaeri, karena warganya telah melakukan pemagaran, pengecatan, dan penghijauan.

“Ada beberapa masukan dari mereka (tim kuri-red), seperti ruang terbuka hijau dan taman bermain yang belum ada. Untuk selanjutnya, kami akan mengutamakan pembuatan ruang terbuka hijau dan taman bermain,” tambah Kusaeri.

Saat ini, pemagaran dan pemeliharaan lingkungan terus dilakukan warga RT 03. Pengecatan paving block juga akan dilanjutkan oleh warga. Mereka berharap, lingkungannya tetap indah hingga penilaian tahap kedua, Agustus nanti.

Salah satu warga RT 03 Isman mengaku senang karena RT-nya diikutkan perlombaan kampung bersih dan aman tersebut. Ia berharap, penataan yang sudah dilakukan warga bisa dipelihara bersama-sama.

“Sekarang kan sudah keliatan beda. Nanti, saya juga akan mengusulkan supaya warga bisa bareng-bareng memelihara. Mau dibentuk dengan jadwal atau sukarela juga enggak masalah. Yang penting, penataan yang sudah ada bisa dirawat,” ujarnya.

“Tempat sampah juga nanti akan saya usulkan ke RT, supaya per berapa meter, ada tong sampah. Biar tidak ada sampah menumpuk di pinggir jalan,” tambah Isman. (rio/don)