RTLH di Cilegon Capai Puluhan Unit

0
69
Suharyono (kiri) saat dikunjungi anggota DPRD Cilegon Rahmatulloh, di kediamannya di Lingkungan Wates Telu, Kelurahan Purwakarta, Kecamatan Purwakarta, Selasa (5/12).

CILEGON – Puluhan rumah tidak layak huni (RTLH) masih ditemukan di Kota Cilegon. Bahkan beberapa di antaranya ada yang kondisinya nyaris roboh dan membahayakan bagi warga yang menghuninya.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Cilegon Abadiah. Bahkan dia mengungkapkan jika berdasarkan pendataan yang pihaknya lakukan pada tahun 2017, RTLH di Kota Cilegon mencapai ratusan unit.

Kata Abadiah, Dinsos Cilegon pada tahun 2018 ini telah menyediakan anggaran sebesar Rp 900 juta untuk program bantuan pada RTLH. Namun lantaran jumlah anggaran yang terbatas, hanya 60 keluarga penerima manfaat yang menjadi sasaran penerima.

“Tahun 2017 lalu jumlahnya sekitar 150 rumah yang tidak layak huni. Tapi tahun ini, Dinsos mengalokasikan 60 rumah dulu karena anggarannya terbatas. Setiap rumah mendapatkan bantuan perbaikan Rp 15 juta,” ujarnya saat dihubungi Radar Banten Online melalui telepon seluler, Senin (22/1).

Sementara itu, Lurah Panggung Rawi, Kecamatan Jombang, Muhriji mengaku ada warganya di tahun ini yang telah terdata untuk mendapatkan bantuan rumah tidak layak huni. “Sepertinya ada, tapi itu kan bantuan dari Dinas Sosial bukan melalui DPWKel (Dana Pembangunan Wilayah Kelurahan),” ucapnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)