Rumah Dinas Walikota Cilegon Dipasangi Bendera Partai Berkarya, Kritikan Mengalir

0
5241

CILEGON – Sebuah video yang memperlihatkan deretan bendera Partai Berkarya memenuhi Rumah Dinas (Rumdin) Walikota Cilegon di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Jombang Wetan, Kecamatan Jombang Kota Cilegon.

Video itu beredar di pesan What’sApp dan media sosial Facebook. Terdapat dua potongan video, masing-masing berdurasi dua menit empat detik, dan dua menit tiga puluh dua detik.

Dalam video berdurasi dua menit empat detik terekam deretan bendera Partai Berkarya memenuhi pagar rumdin Walikota Cilegon. Tidak hanya bendera, deretan sepanduk pun terpasang.

Pada videonya lainnya, terekam satu orang yang sedang memasang sepanduk di pagar rumdin yang juga dipenuhi bendera.

Perekam video mempertanyakan pemasangan bendera dan sepanduk tersebut. Kemudian meminta dilepas kembali.

Silvi Shofawi, masyarakat yang membuat video, menuturkan, rumdin adalah tempat netral, milik semua partai, bukan satu partai saja.

“Jadi saat saya lihat itu, maksudnya apa? Gagah gagahan?” ujar Silvi.

Silvi menilai ada kecerobohan dari pimpinan Partai Berkarya. Menurutnya hal itu sebagai pembelajaran buruk terhadap demokrasi dan perpolitikan di Kota Cilegon.

“Saya hanya mau memberikan sinyal kepada Helldy Agustian, kepada partainya agar jangan main-main kepada masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya pemasangan bendera di rumdin merusak citra Helldy Agustian sebagai Ketua Berkarya sekaligus Walikota Cilegon.

Silvi juga meminta kepada DPRD Kota Cilegon untuk menyikapi persoalan tersebut untuk menjaga kondusivitas. “Kalau masyarakat yang turun, nanti keos,” ujarnya.

Salah satu akun Facebook yang meng-upload video itu adalah akun Mulyadi Sanusi. Ia menyertai unggahan dengan kritikan.

“Rumah itu dibiayai oleh uang rakyat..bukan oleh partai berkarya..jangan ngajari kesewenangan,” tulis Mulyadi Sanusi.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Berkarya Kota Cilegon Sabihis saat dikonfirmasi menjelaskan, pemasangan atribut partai di rumdin itu dilakukan oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Berkarya Banten.

“Udah suruh nyabut DPW, itu masalah nya bukan DPD, tapi DPW, sudah saya suruh cabut,” ujar Sabihis, Jumat (9/4).

Sabihis pun mengakui jika pemasangan bendera partai di rumdin Walikota Cilegon kurang etis meski Walikota Cilegon yang menjabat saat ini berasal dari Partai Berkarya.

Pemasangan bendera partai dan spanduk dikabarkan berkaitan dengan rencana pelantikan Helldy Agustian sebagai Ketua DPW Berkarya Banten Sabtu (10/4). Pelantikan akan berlangsung di Hotel The Royale Krakatau. (Bayu Mulyana)