Rumah Janda Miskin di Cibokor Dibangun Pemkab Lebak

0
500 views
Relawan bencana dari BPBD bersama masyarakat gotong royong membangun rumah Hernih di Kampung Cibokor, Desa Cilangkap, Kecamatan Kalanganyar, Rabu (25/1).

KALANGANYAR – Pemkab Lebak bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membantu pembangunan rumah Hernih, janda miskin di Kampung Cibokor, Desa Cilangkap, Kecamatan Kalanganyar yang ambruk pada 19 Januari 2017 lalu. Pembangunan rumah semi permanen ukuran lima kali tujuh meter itu dikerjakan relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dibantu masyarakat, dan anggota TNI Polri.

Relawan BPBD Kabupaten Lebak Deden Mochamad Adnan Jaelani menyatakan, relawan BPBD bersama masyarakat bahu membahu membangun rumah Hernih. Sekarang, kerangka kayu rumah semi permanen milik janda miskin tersebut sudah berdiri. Para relawan BPBD dan masyarakat menargetkan pembangunan rumah bisa selesai dalam sepekan. “Kasihan Bu Herni, dia hidup sebatang kara. Kalau enggak dibantu, dia tidak akan mampu membangun rumahnya kembali,” kata Deden kepada Radar Banten, Rabu (25/1).

Dijelaskannya, sumber anggaran untuk pembangunan rumah Hernih berasal dari Baznas Kabupaten Lebak sebesar Rp15 juta. Bantuan tersebut kemudian dibelanjakan untuk membeli berbagai jenis material bangunan. “Kalau tenaga, enggak dibayar. Kita ikhlas membantu masyarakat kurang mampu yang terkena musibah,” kata Deden.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi menyatakan, rumah Hernih ambruk diterjang angin kencang pada 19 Januari lalu. BPBD langsung mengirimkan bantuan tanggap darurat kepada korban setelah mendapatkan laporan dari pemerintah desa dan kecamatan. Untuk bantuan pembangunan rumah, Baznas kemudian menyalurkan bantuan sebesar Rp15 juta. “Relawan bencana, masyarakat, dan anggota TNI Polri ikut berpartisipasi membangun kembali rumah Hernih. Sekarang, kerangka kayu rumah berukuran lima kali tujuh meter sudah berdiri kokoh,” kata Kaprawi.

Kaprawi menerangkan, partisipasi masyarakat dalam pembangunan rumah warga tidak mampu merupakan bentuk kepedulian sosial yang harus dipertahankan. “Jadi, bukan tugas pemerintah saja membantu warga kurang mampu yang diterjang bencana alam. Kita semua harus ikut berpartisipasi membantu masyarakat yang kesulitan,” paparnya. (Mastur/Radar Banten)