Rumah Makan Ludes Terbakar, Diduga Api Berasal dari Bara Pembakaran Ikan

Kondisi rumah makan yang terbakar.

SERANG – Rumah makan lesehan ikan gurame, di Jalan Raya Serang Jakarta KM 06, Kalodran, Kota Serang terbakar sekira 14:55 WIB. Api diduga muncul dari bara pembakaran ikan yang berada di dapur. Kantor, musala dan dapur hangus tak tersisa.

Kapolsek Walantaka Atif Ruhyaman mengatakan, berdasarkan keterangan saksi, api muncul di dapur rumah makan ikan gurame.

Penyebab persis belum bisa diperkirakan. Kata dia, kompor dan aliran listrik memang ada di bagian dapur. Api cepat merambat. Semua materi bangunan terbuat dari bambu, sehingga api merayap cepat ke bangunan lainnya.

“Korban tidak ada, kerugian materi belum bisa ditaksir. Api berasal di bagian dapur, ada yang masak ,” tuturnya saat ditemui di lokasi kejadian, Kalodran, Kota Serang, Kamis (15/3).

Pantauan di lokasi, kantor, musala dan dapur seluruhnya lenyap terbakar. Saung-saung di bagian dalam rumah makan, masih aman dari amukan api. Karena, sekira pukul 15:15 WIB tim Pemadam Kebakaran sudah tiba di lokasi kejadian.

Serupa, Kasi Pemadam Kebakaran Satpol PP Kota Serang Uba Agus Ulumudin mengatakan, api diduga bermula dari bara api pembakaran ikan gurame di bagian dapur kantor rumah makan lesehan.

“Disebabkan oleh apa, sementara ini masih dalam tahap penyelidikan. Tim kami juga sedang penanganan pendingnan. Api mudah terbakar, mayoritas bangunan non permanen. Terbuat dari bilik, bambu, welit. Bara api ini berterbangan,” ujarnya di Kalodran, Kota Serang, Kamis (15/3).

Investigasi berikutnya, seperti kerugian materi, ia masih menunggu pemilik rumah makan. “ Tim dari pemadam kebakaran kami kerahkan dua mobil damkar. Dari damkar Kabupaten juga mengerahkan dua unit Damkar,” paparnya.

“Pas datang, api masih sisa. Lumayan besar. Kalau semuanya belum kesini, pasti habis,” pungkasnya. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com)