Rumah-rumah di RT 12 Turus Wetan Hijau

0
274 views

WALANTAKA – RT 12 RW 01, Lingkungan Turus Wetan, Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Walantaka, menghijau. Hampir di semua pekarangan rumah warganya terdapat tanaman dalam pot.

Ketua RT 12 Rosita mengaku senang dengan Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 lantaran telah mengubah kampungnya. Ia mengaku, pada penilaian tahap pertama, mayoritas ibu-ibu di kampungnya jadi termotivasi untuk merawat tanaman.

”Ibu-ibu pada beli pot tanamannya sendiri. Keren!” kata Rosita kepada Radar Banten, Minggu (30/8).

Menjelang penilaian tahap dua sekaligus terakhir LRLA, dimulai hari ini (31/8), menurut Rosita, segala macam persiapan dilakukan warganya. Dari memperbanyak jumlah tanaman untuk penghijauan, gotong royong membersihkan lingkungan setiap pekan, hingga melengkapi persyaratan administrasi lomba.

”Kita sudah bentuk kelompok sadar hukum dan kelompok sadar lingkungan,” tandasnya.

Semua kategori LRLA, diakui Rosita, telah dipenuhi RT 12. Ia tak memungkiri, hal itu bisa tercapai karena peran akti pemuda RT ini. Ya, pemuda RT 12 ikut aktif menata kampungnya. Serta, ronda malam.

 “Alhamdulillah, pemudanya juga di sini mah kompak,” ujarnya.

Kemarin, warga masih kerja bakti merapikan jalan yang belum dibangun. Warga membuat tempat untuk memajang pot tanaman di pinggir jalan. Tempat pot tanaman ini berfungsi pula sebagai pembatas jalan. ”Jadi rapi gitu kalau ada pot tanamannya,” kata Rosita.

Lurah Tegalsari Sutihat memastikan, enam RT di wilayahnya yang ikut LRLA sudah siap dinilai. Semua catatan tim juri pada penilaian pertama sudah dipenuhi warga.

”Insya Allah, ada lah satu atau dua mah yang juara,” ujar Sutihat yakin. (mg06/don)