Rumah Tangga Kurang Mampu di Cilegon Dapat KB Implant Gratis

0
652 views
pelayanan KB implant gratis di Kota Cilegon. Foto: Riko/Radar Banten Online

CILEGON – Menekan laju pertumbuhan penduduk, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3KB) Kota Cilegon memberikan pelayanan KB implant gratis. Sasarannya, rumah tangga yang tergolong kurang mampu.

Pelayanan KB implant gratis yang berlangsung di Markas Kodim 0623 Cilegon, Selasa (7/3), DP3KB Cilegon berkerja sama dengan TNI dan BKKBN Provinsi Banten. Ada 97 ibu yang mendapatkan pelayanan pemasangan KB implant.

Kabid Pengendalian Penduduk pada DP3KB Cilegon Bahaudin menilai kesadaran ber-KB warga Kota Cilegon meningkat. Mayoritas kaum ibu menggunakan alat kontrasepsi atau ber-KB modern. “Walau sudah meningkat bukan berarti kita diam. Harus tetap diingatkan terus. Apalagi pada pasangan usia subur yang baru menikah harus diberikan pemahaman pada program keluarga berencana,” ujarnya.

Prioritas pemerintah, lanjut dia, menyarankan agar keluarga di Cilegon menggunakan metode KB jangka panjang atau IUD (Intra Uterine Device) atau Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) yang fungsinya dapat bertahan hingga 10 tahun. “Itu minimal delapan tahun lah, lebih praktis dan ekonomis. Baru setelah itu prioritas kedua implant yang dipasang saat ini,” katanya.

Sekretaris BKKBN Provinsi Banten Rusman Efendi mengatakan, pencapaian KB di sejumlah kota dan kabupaten di Banten relatif sama. Kota Cilegon terbilang bagus. Namun demikian masih banyak ada wilayah yang pencapaiannya masih rendah.

“Secara umum bagus. Tapi dari sekian kecamatan dan desa yang ada itu banyak juga yang kurang. Maka itu kita gerakan pos KB kita pada tempat yang butuh KB tapi belum terlayani. Mana daerah yang masih kurang kita datangi,” tuturnya. (Riko)