Rumah Warga di Mancak Hangus Terbakar

SERANG – Rumah milik Ahmad Murod di Desa Angsana, Kecamatan Mancak, ludes terbakar, Jumat (23/8), pukul 09.30 WIB, saat ditinggalkan penghuninya. Barang di dalam rumah tak ada yang bisa diselamatkan, termasuk surat berharga.

Insiden itu terjadi saat Murod sedang pergi ke kebun. Sementara Marwiyah, istrinya, bersama satu anaknya yang masih balita sedang mengikuti pengajian.

Saat pulang ke rumah, Murod kaget bukan main melihat api sudah membakar bagian atap. Dibantu warga, ia kemudian memadamkan api dengan alat seadanya. Namun, tidak berhasil dan api terus membesar. Akhirnya, hampir seluruh bagian rumah terbakar.

Sekretaris Desa Angsana Muslih mengatakan, penyebab kebakaran diduga korsleting listrik. Bangunan rumah semi permanen itu terbakar hampir 95 persen. “Rumah mengalami rusak berat,” katanya.

Beruntung tidak ada korban jiwa. Murod hanya mengalami luka di kaki karena menginjak paku saat membersihkan puing-puing rumah. “Korbannya sudah dibawa ke puskesmas,” ujarnya.

Kata Muslih, kobaran api sempat merambat ke rumah yang berdekatan melalui kabel listrik. Untung kabel listriknya langsung putus sehingga rumah tetangga Murod tak ikut terbakar.

Murod yang kehilangan tempat tinggalnya, untuk sementara tinggal di rumah saudaranya. “Sekarang berada di rumah saudaranya yang lokasinya tak jauh dari rumah korban,” ucapnya.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang Nana Sukmana Kusuma mengaku, sudah menerima informasi tersebut dan api berhasil dipadamkan warga. “Penyebabnya korsleting listrik, satu rumah rusak berat,” katanya. (jek/aas/ira)