Rumah Warga Parungpung Terancam Longsor

0
94
Tiga rumah di Kampung Parungpung, Desa Cilangkap, Kecamatan Maja, terancam longsor aliran Sungai Cidurian, Kamis (5/10).

MAJA – Tiga rumah warga Kampung Parungpung, Desa Cilangkap, Kecamatan Maja, terancam longsor. Oleh karena, pondasi bangunan rumah mereka kini tinggal beberapa meter di bibir Sungai Cidurian. Ketiga rumah yang terancam longsor itu milik Ma’al (35), Juhdi (50), dan Pardi (35). Kondisi itu semakin mengkhawatirkan karena bantaran sungai terus terkikis akibat hujan deras.

Ma’al, warga kampung Parungpung, Desa Cilangkap, Kecamatan Maja, merasa khawatir rumahnya akan terkena longsor karena hujan deras yang terjadi dalam beberapa hari terakhir. Ia mengaku, terpaksa membongkar sebagian bangunan rumahnya yang berada di bibir sungai.

“Selain bangunannya sudah retak, pondasi rumah juga sudah tergantung di atas bantaran sungai,” katanya, kemarin.

Kepala Desa (Kades) Cilangkap, Kecamatan Maja, Kholid membenarkan, ada tiga rumah warga yang saat ini terancam longsor. Bahkan, kata dia, nyaris ambruk. Kondisi tersebut sudah dilaporkan ke pihak kecamatan.

“Saya berharap kepada Pemkab Lebak maupun Provinsi Banten untuk segera melakukan penanganan ancaman bencana longsor tersebut dengan cara membangun tembok penahan longsor di sepanjang bantaran Sungai Cidurian yang saat ini kondisinya sangat meresahkan warga sekitar,” katanya. (Ali/RBG)