Rumah Warga RT 01 Lingkungan Masjid Agung Banten Harus Beda Warna

0
653 views

KASEMEN – Perubahan yang sangat kentara di kampung ini adalah cat-cat rumah warganya. Beda warna, meskipun bersebelahan. Ini di RT 01 RW 011, Lingkungan Masjid Agung Banten, Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen.

“Rumah-rumah warga sudah dicat. Setiap warga bebas memilih (warna-red) cat, tapi tidak boleh sama dengan tetangganya. Makanya, sekarang terlihat warna-warni,” jelas Ketua RT 01 Syibli pada Rabu (29/7) lalu.

Persiapan RT ini menghadapi penilaian tahap dua Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang cukup banyak. Untuk penghijauan, beberapa warga telah mulai melengkapi halaman depan rumahnya dengan tanaman di dalam pot. Oleh pengurus RT, warga juga diberikan kebebasan untuk memilih jenis tanaman. Sesuai selera tiap warga.

“Kalau penghijauan lingkungan ada di depan, di sebelah pos ronda. Di situ, kami tanam sayuran dan apotek hidup,” tambah Syibli.

Warga berencana membangun gapura. Pemagaran masih akan dilanjutkan di beberapa titik.

“Nanti, pengecatan tidak hanya pagar. Kami juga akan mengecat paving block. Karena rumah warga sekarang sudah warna-warni, paving block-nya juga akan kami cat warna-warni. Rencananya, full pengecatannya,” ujar Syibli.

Warga RT 01 Khaerul menambahkan bahwa kegiatan siskamling di kampungnya kembali dilaksanakan. Setiap malam, warga ronda malam.

“Ada beberapa yang awalnya tidak kami masukkan di jadwal ronda karena sudah tua. Tapi mereka justru meminta tetap dicantumkan karena tetap ingin berbaur dengan yang lain,” terangnya. (rio/don)