RW 003 Wera Belum Siap

0
381 views

KRAMATWATU – Hingga kemarin (25/9), belum ada persiapan Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020 di RW 003, Kampung Wera, Desa Toyomerto, Kecamatan Kramatwatu. Padahal, warganya mengaku siap mengubah kampungnya menjadi lebih bersih dan indah.

RW 003 memiliki dua RT. RT 01 dan RT 02. Akses jalannya bagus. Panjang sekira 500 meter dengan konstruksi beton.

Namun, perkampungan ini masih polos. Apa adanya. Belum terlihat ada penataan atau pembenahan lingkungan untuk memenuhi kriteria penilaian LKBA.

Ketua RT 01 RW 003, Kampung Wera, A Fauzi mengataku masih kesulitan untuk mengajak warganya gotong royong membenahi kampung. ”Sekarang warga lagi pada kesusahan (secara ekonomi akibat dampak pandemi corona-red), jadi nanti paling kita bersih-bersih aja dulu,” katanya kepada Radar Banten.

RT ini telah dilengkapi pos ronda. Tapi, diakui Fauzi, kondisi bangunannya sudah tak layak. Kayunya keropos dan minim alat keamanan. Bahkan, tiang fondasi pos ronda digunakan untuk mengikat tali terpal tempat mengaduk semen pembangunan salah satu rumah warga.

”Nanti bakal kita renovasi pos rondanya,” ujar Fauzi.

Warga RW 003 Wildan mengaku belum tahu jika kampungnya ikut lomba kebersihan dan keamanan tingkat Kabupaten Serang. ”Belum tahu, soalnya gotong royong juga jarang di sini mah,” ungkapnya.

Kendati demikian, Wildan mengaku siap jika kampungnya harus dibenahi dan ditata untuk memenuhi kriteria penilaian. ”Atuh siap aja. Sudah lama banget sebenarnya pengen lihat kampung ini jadi bersih dan indah. Kan sekarang masih gersang,” terangnya. (mg06/don)