RW 01 Cerocoh Ubah Imej Kampung Pesisir Kumuh

0
322 views

PONTANG – Warga RW 01, Kampung Cerocoh, Desa Domas, Kecamatan Pontang, bertekad menghilangkan imej bahwa perkampungan di pesisir itu kumuh. Kampung di dekat tambak perikanan warga ini bakal diubah menjadi bersih dan hijau.

Panas dan terik matahari terasa menyengat, Rabu (23/9). Namun, sejumlah bapak-bapak warga RW 01 tetap semangat bekerja bakti menata kampungnya. Mereka tengah membangun pos ronda dan membuat pagar bambu. Mereka percaya, Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020 bisa menjadi solusi atas masalah sampah di kampungnya.

Ketua RW 01 Madirsad mengatakan, persoalan sampah di wilayahnya sangat sulit diatasi, karena kesadaran warga tentang kebersihan masih minim. ”Makanya, kita ingin mengubah mindset di sini yang terkenal kumuh,” tegasnya kepada Radar Banten.

Dengan mengandalkan swadaya warga dan bantuan dari pengusaha tambak ikan di kampungnya, Madirsad membuat beberapa perencanaan untuk menata kampung. Tahap awal, ia membuat pos ronda dan pemagaran. ”Tujuannya agar siskamlingnya jalan dulu,” katanya.

Kemudian, kegiatan membersihkan lingkungan akan dilakukan pekan ini. Sampah plastik akan diangkut dan dibuang ke tempat sampah yang dilalui oleh truk pengangkut sampah dari Pemerintah Kecamatan Pontang. ”Biasanya truknya ngangkut ke Cilowong (TPSA Cilowong-red),” ujar Madirsad.

Selanjutnya, ia bersama warga akan melakukan penghijauan. Tanaman jenis sayur dan bunga akan ditanam di pinggir saluran irigasi. ”Saya targetkan, penataan di sini selesai sebelum penilaian LKBA tahap pertama dimulai,” tegasnya.

Kepala Desa Domas Ukon Hidayat mengaku, pihaknya sengaja memfokuskan penataan kampung di wilayah pesisir. ”Penataan harus lebih merata, semua lokasi kita upayakan bersih dan aman,” pungkasnya. (mg06/don)