RW 01 Cibuah Jadi Prioritas karena Kotor

0
316 views

CIKEUSAL – Pemerintah Desa Sukaratu, Kecamatan Cikeusal, memprioritaskan penataan RW 01, Kampung Cibuah. Pasalnya, perkampungan ini kotor. Terkesan kumuh.

Kepala Desa Sukaratu Irman Supriatman mengutarakan niatnya itu untuk mengubah Kampung Cibuah. Terlebih, menurutnya, letak geografis kampung ini sangat mendukung untuk menjadikannya kampung yang bersih dan indah. Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) 2020 menjadi momen.

“Di LKBA kali ini, selain Kampung Kadupugur, kami juga akan menata di Kampung Cibuah. RW lainnya juga akan ditata. Di Sukaratu kan ada lima rw, Kadupugur sudah ada penataan dari tahun lalu,” kata Irman, Kamis (24/9).

“Awalnya, Kampung Cibuah itu kotor. Sekarang, setelah ada imbauan, pelan-pelan warganya mulai bisa menjaga kebersihan kampungnya. Yang terpenting itu pola hidup bersih dan sehat warganya dulu,” tambah Irman.

Ketua RT 06 RW 01 Asnawi menjelaskan, modal lain yang dimiliki kampungnya adalah kekompakan warga dengan pemuda. Pemuda kampung ini juga memiliki banyak ide untuk menata dan membenahi kampung mereka.

“Cuma memang, selama ini masih banyak yang belum terealisasi. Jadi dengan ikut lomba kampung bersih dan aman ini, ide-ide para pemuda bisa dituangkan,” harap Asnawi.

Ketua Pemuda Kampung Cibuah Ferly Febriansyah membenarkan pernyataan Asnawi. “Kami dari dulu sudah ingin bergerak, tetapi ada saja kendalanya. Yang sekarang kan sudah dari pertengahan tahun kami mau mulai menata, karena ada Covid, jadi tertunda. Semoga sekarang tidak tertunda lagi,” ujarnya.

Rencana pemuda, ungkap Ferly, mengutamakan penghijauan. Taman bermain dan sarana olahraga juga menjadi gagasan pemuda Cibuah. (rio/don)