RW 01 Ciherangbelimbing Masih Polos

0
318 views

GUNUNGSARI – Kampung Ciherangbelimbing, RW 01, Desa Ciherang, Kecamatan Gunungsari, belum dipoles. Warga sama sekali belum melakukan persiapan menghadapi Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020.

Kampung ini memang sudah hijau oleh tanaman. Warga sudah menanam pohon hias di depan pekarangan rumahnya sejak lama. Lingkungannya, termasuk selokan, juga bersih. Tidak ada sampah plastik berserakan.

Ketua RT 02 RW 01 H Suwandi mengatakan, warga belum mengadakan gotong royong karena terkendala anggaran. Namun, kegiatan bersih-bersih lingkungan rutin dilakukan setiap hari Jumat pagi.

”Bersih-bersihnya juga di sekitar rumah warga masing-masing, bukan gotong royong yang melibatkan banyak orang,” katamnya kepada Radar Banten, Kamis (22/10).

Lingkungan yang bersih, jelas Suwandi, juga karena kesadaran warganya untuk menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya sudah terbentuk.

”Soalnya kita punya tempat sampah khusus, tapi itu juga pengelolaannya kurang maksimal, kadang malah jadi tumpukan sampah,” keluhnya.

Suwandi memastikan, pada pekan depan bakal mulai mengajak warga gotong royong dengan membersihkan tempat sampah supaya tak berserakan. Kemudian, merapikan pos ronda. ”Nanti kita adakan pengecatan jalan juga,” ujarnya.

Kepala Desa Ciherang Ihat Solihat mengakui jika RW 01 masih polos. Soalnya, ia hanya fokus pada RW 04 dan RW 02 yang sejak awal warganya sudah antusias menyambut lomba ini.

”Nanti bakal saya instruksikan lagi di RW 01 untuk segera melakukan penataan,“ kata Ihat. (mg06/don)