RW 01 Ciherangmasjid Bakal Jadi Kampung Berbunga

0
346 views

GUNUNGSARI – RW 01, Kampung Ciherangmasjid, Desa Ciherang, Kecamatan Gunungsari, digagas menjadi kampung berbunga. Tekad warganya itu dimulai dengan menambah tanaman bunga pada September lalu. Bermacam jenis tanaman bunga itu ditanam di pekarangan rumah dan pinggir jalan. 

RW 01 bukan peserta baru di Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang.

Kampung yang pada LKBA 2019 mendapat nominasi juara, ditargetkan kembali meraih prestasi serupa di LKBA tahun ini. Makanya, di pinggir sepanjang jalan paving block di kampung ini, warga menanam tanaman bunga. Pantauan Radar Banten, Jumat (23/10), bunga-bunga tersebut tumbuh dengan baik. Sebagian besar bermekaran.

Cumiyati yang ditunjuk sebagai ketua penataan lingkungan RW 01 mengatakan bahwa pada lomba tahun ini, warga tidak melakukan penataan besar-besaran seperti pemagaran dan pengecatan. Kampung ini menampilkan kondisinya tanpa dibuat-buat.

”Tanaman bunga ini juga sudah ada dari tahun lalu, jadi kita cuma fokus merawat bunga aja,” katanya.

Bagi warga RW 01, jelas Cumiyati, yang terpenting adalah selalu menjaga kebersihan lingkungan agar tidak ada sampah berserakan. Setiap pagi dan sore hari, ibu-ibu warga RW ini menyapu halaman rumah masing-masing dan jalan kampung. ”Kalau bersih-bersih udah jadi rutinitas,” tegas Cumiyati.

Kendati demikian, ia tak memungkiri jika kampungnya tidak cukup hanya mengandalkan kebersihan dan penanaman tanaman bunga saja. Untuk bisa meraih target juara, warga harus berbuat lebih banyak lagi. Harus inovatif dan kreatif membenahi kampungnya.

Serta, memenuhi semua kriteria penilaian lomba. Salah satunya, melengkapi sarana prasarana pos ronda. Sementara, pos ronda di RW ini belum dibenahi. Salah satunya adalah pos ronda di RT 01 yang tidak terawat.

”Tapi kegiatan siskamlingnya jalan kok,” jelas Cumiyati.

Kepala Desa Ciherang Ihat Solihat menegaskan jika pihaknya bakal segera melengkapi alat keamanan di pos ronda di RW 01. ”Nanti juga kita cat supaya bagus,” tandasnya.

Ihat mengaku, warga sangat antusias mengikuti LKBA di tahun kedua ini. Ia bertekad, wilayahnya menjadi perwakilan dari Kecamatan Gunungsari yang mendapat nominasi juara paling banyak. ”Insya Allah, bisa,” pungkasnya. (mg06/don)