RW 02 Kabayan Tinggal Diremajakan

0
353 views

KOPO – Di tahun kedua Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang saat ini, RW 02, Kampung Kabayan, kembali mewakili Desa Mekarbaru, Kecamatan Kopo. Warganya pun menganggap hanya perlu melakukan peremajaan hasil penataan kampungnya saat mengikuti LKBA 2019.

“Hasil penataan kampung di lomba tahun lalu terus kami rawat. Keuntungan kami dengan ikut LKBA lagi, kami hanya tinggal meningkatkan penataan yang selama ini sudah bisa dirawat warga. Sekarang warga Kampung Kabayan sudah terbiasa melakukan penghijauan di rumah masing-masing,” kata Ketua RW 02 Ujang Junaedi.

Seperti tahun lalu, menurut Ujang, tiga RT di RW 02 tetap akan ditata. Pagar-pagar di depan rumah yang sudah rusak atau catnya pudar, akan diperbarui.

Warga kampung ini juga bertekad melengkapi fasilitas penerapan protokol kesehatan di kampungnya. “Kami ingin menjadi contoh RW lainnya di desa sendiri. Kebersihan lingkungan kami selalu dijaga. Warga kampung kami sudah mulai terbiasa dengan 3-M. Memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Di setiap rumah juga sudah terpasang tempat cuci tangan,” jelas Ujang.

“Di kampung ini juga sudah dibentuk komunitas masyarakat Peduli Masker Kampung Kabayan. Mereka yang tergabung dengan komunitas ini mendorong warga untuk peduli dan disiplin memakai masker ketika ke luar rumah,” tambah Ujang.

Epik Hujainal, salah satu pemuda Kampung Kabayan,  menjelaskan bahwa di masa pandemi Covid-19 ini, pencegahan tertular tidak cukup hanya dengan membersihkan lingkungan. Tetapi juga dibutuhkan kesadaran dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Salah satunya adalah selalu memakai masker.

“Kami (komunitas peduli masker-red) baru dibentuk seminggu lalu, tapi manfaat komunitas ini sudah mulai terasa. Sekarang warga Kabayan sudah mulai disiplin menggunakan masker ketika ke luar rumah,” kata Epik yang juga Ketua Peduli Masker Kampung Kabayan itu. (rio/don)