RW 02, Menyerah Sebelum Bertanding

0
471 views

BOJONEGARA – Tidak terlihat ada penataan di lingkungan RW 02, Kampung Pangrango, Desa Lembangsari, Kecamatan Bojonegara. Padahal, pada Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2019, kampung ini mendapat nilai positif dari tim juri meski tak mendapatkan juara.

Sisa penataan LKBA tahun lalu di kampung ini hanya berupa pengecatan dan lukisan di tembok rumah warga. Itu pun warnanya sudah pudar. Kusam.

Sedangkan kondisi lingkungannya, cenderung tak terurus. Rumput dibiarkan tumbuh di pinggir jalan di lingkungan RW 02. Sampah plastik juga ditemukan berserakan.

Kasi Pemerintahan Desa Lembangsari Gaosul Alam mengakui jika RW 02 tidak melakukan persiapan di LKBA 2020. Alasannya, warga kesulitan ekonomi, sehingga tidak bisa iuran akibat pandemi Covid-19.

“Warga juga pada enggak mau menata kampungnya,” tegas Gosul kepada Radar Banten, Selasa (24/11).

Saat mengikuti LKBA 2019 pun, jelas Gaosul, warga dan pemuda RW 02 hanya semangat saat melukis dinding dengan gambar para pahlawan. Namun, tidak saat membersihkan lingkungan.

“Maunya melukisnya aja. Giliran diajak bersihin selokan dan sampah pada kurang antusias,” tukasnya.

Kendati demikian, menurut Gaosul, Pemerintah Desa Lambangsari tetap berusaha mengajak warga dan pemuda RW iini untuk bergerak lagi menata kampungnya. “Nanti saya koordinasi sama pemudanya,” katanya.

Pemuda RW 02 Ahmad Yani mengakui jika kekompakan pemuda dan warga mulai kendor. Lingkungan juga tak terurus, sehingga banyak rumput yang menghalangi laju air di selokan.

“Susah sih sekarang mah, mau gotong royong juga enggak ada dana,” keluhnya. (mg06/don)