RW 02 Tak Mau Zonk Lagi

0
339 views

PETIR – Penilaian tahap pertama Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020 telah berakhir pada Selasa (10/11). RW 02, Kampung Sawah, Desa Mekarbaru, Kecamatan Petir, tidak mendapatkan nilai. Padahal, kampung ini merupakan peraih juara III untuk kategori Kelompok Pemuda Penggerak Lingkungan pada LKBA 2019.

Namun, di penilaian tahap dua pada awal Desember nanti, warga RW 02 tidak mau lagi kampungnya disebut zonk. Sebutan itu diberikan karena saat penilaian tahap pertama, kampung ini polos. Juri, bahkan tidak menemukan hasil penataan lingkungan kampung ini saat mengikuti LKBA 2019.

”Itu karena dananya enggak ada, jadi (kegiatan penataan kampung-red) ditunda-tunda. Eh, enggak kerasa juri datang,” kata Ketua RT 06 Dedi Efendi kepada Radar Banten, Rabu (11/11).

Untuk menghadapi penilaian tahap dua, Dedi mengajak warganya untuk gotong royong membersihkan lahan di belakang kampung. Lahan ini akan digunakan untuk taman bermain anak. “Masih tahap pembersihan rumput ilalang,” ujarnya.

Rencana warga, terang Dedi, akan melengkapi taman bermain anak seluas sekira 50 meter persegi itu dengan tanaman bunga. Sarana bermain yang akan dibuat adalah perosotan, ayunan, dan jungkat-jungkit.

“Warga juga bakal membuat gapura dari bambu.” tambah Dedi.

Sementara, Sekretaris Desa Mekarbaru Dede Syafaat mengaku tetap optimis bahwa warga 02 bisa mengulang prestasinya di LKBA. ”Pasti bisa. Warga di sini mah masih kompak kok,” ungkapnya.

Dede mengaku, pihaknya akan terus memantau progres penataan lingkungan semua RW di Desa Mekarbaru. “Kita targetkan, RW-RW di Desa Mekarbaru mendapat banyak nominasi juara,” pungkasnya. (mg06/don)