RW 02 Targetkan Kampung Paling Hijau

0
293 views

TUNJUNGTEJA – Kampung paling hijau, kategori Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020, menjadi target RW 02, Kampung Keboncau dan Kampung Kembang, Desa Bojongpandan, Kecamatan Tunjungteja. Warga mulai berusaha mencapainya. RW ini ditata. Dibenahi.

Dari depan gapura hingga ke bagian belakang RW 02, di kanan dan kiri jalan sudah ditanam berbagai jenis tanaman. Peraih juara pertama untuk kategori partisipasi masyarakat terbaik pada LKBA 2019 ini, sekarang tampak hijau dan bersih. Terlihat asri.

Kepala Desa Bojongpandan Hulman mengaku sudah menginstruksikan warganya untuk memperbanyak tanaman sejak awal September 2020. ”Tahun ini, kita target bukan hanya partisipasi terbaik, tapi juga kampung paling hijau,” katanya kepada Radar Banten, Senin (21/9).

Kendati demikian, Hulman juga bakal berupaya untuk memenuhi semua kriteria dari kategori yang dilombakan. Yakni, lingkungan paling berbunga, kampung terinovatif, pengelolaan lingkungan terbaik, kelompok pemuda penggerak lingkungan, dan pengelolaan sampah terbaik.

Berkaca pada LKBA 2019, Hulman optimistis bisa mendapatkan hasil terbaik pada perlombaan tahun kedua ini. Soalnya, semangat dan kekompakan warga RW 02 tetap terjaga.

”Dari beberapa bulan lalu, warga udah banyak yang nanyain kapan LKBA dimulai. Pada enggak sabar pengen ikut lomba lagi,” ungkapnya.

Terlebih, lanjut Hulman, acara penyambutan saat penilaian mendapat apresiasi dari tim juri. “Untuk penyambutan tahun ini, kita buat lebih semarak, tapi tetap menerapkan protokol kesehatan,” terangnya.

Ketua RW 02 Subarta membenarkan jika warganya sudah tak sabar menanti penilaian LKBA. Meski terkendala Covid-19, semangat warga untuk membenahi kampungnya tidak surut.

”Soalnya kan kalau kampung kita bersih dan hijau, penyakit juga enggak bakal betah ada di sini,” pungkas Subarta. (mg06/don)