RW 03 Cidokom Jadi Bersih dan Berwarna

0
415 views

PABUARAN – Ya, menjadi bersih dan berwarna. Perubahan RW 03, Kampung Cidokom, Desa Pancanegara, Kecamatan Pabuaran, ini terjadi setelah warganya mempersiapkan kampungnya untuk Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020.

Saat Radar Banten mengunjungi kampung ini, Jumat (2/10) siang, warga sedang gotong royong membersihkan sampah. Tumpukan sampah di lahan kosong diangkut menggunakan mobil losbak. Sampah lalu dibuang ke tempat pembuangan sampah dekat tambang pasir di pinggir Jalan Raya Palima-Cinangka.

Ketua RW 03 Sanukri mengatakan, respons dan partisipasi warganya dalam gotong royong sangat besar. Siang dan malam hari, warga bergantian menata kampung.

”Hasilnya sudah terlihat, lingkungan jadi bersih dan berwarna,” katanya.

Di sepanjang jalan di kampung ini, sebagian besar sudah dicat warna-warni. Pagar dari kayu valet di kanan-kiri jalan juga diwarnai.

Perubahan ini, menurut Sukri, juga karena warga berswadaya. Mengumpulkan iuran seikhlasnya untuk membeli berbagai macam keperluan penataan kampung.

”Ada juga yang nyumbang makanan dan minuman,” ujarnya.

Ketua RT 02 RW 03 Ahmad Khairullah menambahkan, kegiatan warga selanjutnya adalah membersihkan selokan dari sampah. Soalnya, selokan sering mampat gara-gara sampah plastik.

”Kita juga bakal memperbanyak tanaman bunga,” tambah Khairullah.

Saat ini, warga sedang membangun pos ronda secara permanen. Warga juga bakal melengkapi peralatan keamanannya.

Legalitas pembentukan kelompok sadar hukum dan kelompok sadar lingkungan pun bakal diurus ke Pemerintah Desa Pancanegara. ”Kita bakal lengkapi semuanya,” tegas Khairullah.

Kepala Desa Pancanegara Ade Suhandra mengakui jika LKBA telah mampu mengubah perilaku warga menjadi lebih baik dalam merawat kebersihan dan keamanan kampung. ”Tahun lalu, di Pabuaran yang dapat nominasi juara hanya Desa Tanjungsari. Tahun ini, harus Desa Pamcanegara yang menang,” tegasnya. (mg06/don)