RW 03 Kampung Alpukat

0
523

PETIR – Kampung alpukat menjadi tema yang diangkat warga RW 03, Kampung Kepandean, Desa Sindangsari, Kecamatan Petir, di Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020. Setiap rumah, minimal harus punya dua pohon alpukat.

“Satu rumah minimal dua pohon alpukat di depan rumahnya. Penghijauan lainnya juga tetap ada, seperti sayuran dan apotek hidup. Saat ini hampir setiap rumah punya pohon alpukat. Nanti akan dikembangkan lagi,” kata Rina Kartika, Sekretaris Desa Sindangsari, Senin (23/11).

Untuk bisa berkompetisi di LKBA, Rina menjelaskan, penataan lingkungan RW 03 dilakukan menyeluruh. RW ini punya dua RT, yakni RT 10 dan RT 011. Warga kedua RT tersebut disebutkan semangat bergotong royong menata kampungnya sejak sebelum penilaian tahap pertama dimulai pada awal November lalu.

Saat ini, warga dibantu pemuda tengah mengebut pengerjaan pembuatan taman. “Pemudanya pada semangat. Hampir semua penataan, mereka yang turun. Saat ini mereka sedang fokus membuat taman di Kampung Kepandean. Mereka mengerjakannya siang-malam,” ungkap Rina.

Ketua RW 03 Usman membenarkan jika penataan lingkungan Kampung Kepandean rata-rata dilakukan oleh para pemuda. Warga pun memberikan kebebasan kepada para pemuda untuk berkreasi membuat kampugnya jadi indah dan bersih.

“Konsep penataan taman sepenuhnya diserahkan ke pemuda, saya hanya tinggal mengarahkan. Kenapa diserahkan ke mereka, karena dari segi kreativitas, mereka pasti lebih baik. Ide-ide mereka bisa dituangkan di LKBA kali ini,” tutur Usman. (rio/don)