RW 03 Kepandean Masih Polos

0
714

PETIR – Hingga kemarin (27/10), lingkungan RW 03, Kampung Kepandean, Desa Sindangsari, Kecamatan Petir, masih tampil apa adanya. Belum terlihat ada persiapan menghadapi penilaian tahap pertama Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang, awal November mendatang.

“Sampai sekarang kami memang belum apa-apa karena keikutsertaan kami disampaikannya mendadak. Saya tahu kalau kampung kami ikut lomba itu baru minggu kemarin. Saya langsung bergerak untuk musyawarah sama warga dan sudah ada beberapa agenda penataan. Kami akan mulai besok atau lusa,” kata Ketua rw 03 Usman.

Menurutnya, RW 03 telah punya modal alami. Kampung ini cukup hijau. Masih banyak pohon. Warganya pun gemar menanam di halaman rumah.

“Lingkungan kami sudah hijau, banyak tanaman yang dipelihara sama warga di rumahnya. Kebersihan juga tetap dijaga sama warga. Jadi lingkungan kami selalu terlihat asri,” jelas Usman.

Sesuai hasil musyawarah warga, Usman menjelaskan bahwa untuk membenahi kampungnya, pemuda diberikan porsi lebih besar. Warga berharap, kreativitas pemuda bisa membuat RW 03 bersaing dengan RW lain, bahkan menjadi nominator juara LKBA.

“Porsinya paling besar ada di pemuda. Kreativitas mereka yang menentukan hasil dari penataan kampung kami,” ujar Usman.

Sekretaris Desa Sindangsari Rani Kartika menjelaskan bahwa kekompakan dan kesadaran warga RW 03 akan kebersihan lingkungan juga menjadi modal kampung ini.

“Tapi belum ada penataan karena memang informasi mengenai kelanjutan LKBA baru kami terima minggu lalu,” aku Rani. (rio/don)