RW 03 Mulai Berbenah

0
443 views

CIOMAS – Warga RW 03, Kampung Sukamanah, Desa Sukadana, Kecamatan Ciomas, mulai membenahi kampungnya. Warga membersihkan selokan dan memasang gapura.

Kampung yang baru pertama mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang ini ditargetkan bisa meraih juara. Semua arahan dari tim juri saat penilaian tahap pertama mulai dilengkapi warga.

Kepala Desa Sukadana Jr Muheli mengatakan, kesadaran warga RW 03 terhadap kebersihan lingkungan sudah terbentuk. Perkampungan ini juga memiliki banyak tanaman di pinggir jalan. Warganya pun menghijaukan pekarangan rumahnya dengan tanaman.

”Warga mulai berbenah, soalnya kemarin terhambat Covid, saya imbau tidak ada aktivitas apa pun di luar rumah,” kata Muheli kepada Radar Banten, Kamis (26/11).

Menurutnya, RW 03 memang potensial untuk menjadi juara LKBA 2020. Muheli memastikan bahwa penataan di kampung ini akan maksimal, dari pengecatan, pemagaran dengan bambu, memperbanyak tanaman bunga, serta melengkapi alat keamanan di pos ronda.

”SK (surat keputusan-red) kelompok sadar hukum dan sadar lingkungan juga sudah kami urus,” tegas Muheli.

Ketua RW 03 Dimyati mengaku, mengajak warganya gotong royong membenahi kampung. Dalam satu pekan, dua kali warga kerja bakti. Jumat pagi dan Minggu. Sehingga, ia menilai, LKBA mampu menjadikan kampungnya sebagai tempat tinggal yang nyaman dan aman.

”Lomba kayak gini harus terus dilaksanakan setiap tahun, supaya warga betah tinggal di kampung,” ujar Dimyati.

Ia menjelaskan bahwa RW 03 memiliki 15 RT. Saat ini, baru RT 10 yang dibenahi. Dimyati berencana bakal menata seluruh RT.

“Nanti, pelan-pelan kita perluas penataannya, biar seluruh RT di RW 03 bagus semua,” pungkas Dimyati. (mg06/don)