RW 03 Sukamanah Belum Ditata, Sudah Bersih dan Berbunga

0
367

CIOMAS – Tidak semua kampung yang belum ditata itu kumuh. RW 03, Kampung Sukamanah, Desa Sukadana, Kecamatan Ciomas, misalnya. Kampung ini terlihat bersih. Bunga-bunga yang ditanam warganya pada mekar. Padahal, kampung ini belum bersiap menghadapi penilaian Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020.

Kampung yang baru kali pertama mengikuti LKBA ini seolah tampak sudah ditata untuk memenuhi kriteria penilaian lomba. Padahal, sosialisasi lomba tersebut oleh Pemerintah Desa Sukadana baru dilakukan saat tim Radar Banten meliput RW 03 pada Sabtu (10/10).

Kepala Desa Sukadana Jr Muheli mengatakan, kesadaran warga RW 03 terhadap kebersihan lingkungan memang sudah terbentuk. Apalagi, di kampung ini sudah banyak tanaman di pinggir jalan dan pekarangan rumah warga. ”Belum ditata juga udah bersih, tinggal nanti diperbanyak tanaman bunganya,” kata Muheli.

Muheli menilai, RW 03 berpotensi menjadi juara LKBA 2020. Meski penataannya telat, karena Pemerintah Desa Sukadana sibuk mengurusi persoalan bantuan untuk warga terdampak Covid-19, tapi ia optimistis, warga RW 03 bisa mengejar ketertinggalan.

”Kalau penilaian tahap pertama mungkin belum beres, enggak kekejar penataannya,” aku Muheli.

Namun, ia memastikan, pada penilaian tahap dua LKBA, RW 03 bakal menunjukkan hasil maksimal. ”SK (surat keputusan-red) kelompok sadar hukum dan sadar lingkungan juga secepatnya kami urus,” tegas Muheli.

Ketua RW 03 Dimyati mengaku siap mengajak warganya untuk gotong royong membenahi kampung. Ia menilai, LKBA mampu menjadikan kampung sebagai tempat tinggal yang nyaman dan aman.

”Lomba kayak gini harus terus dilaksanakan setiap tahun, supaya warga betah tinggal di kampung,” katanya. (mg06/don)