RW 04 Lebih Berwarna

0
370 views

CIRUAS – Lingkungan RW 04, Bumi Ciruas Permai 1, makin berwarna. Setiap gang di empat RT di RW ini dicat. Warga RW di kompleks perumahan di Desa Ranjeng, Kecamatan Ciruas, ini melakukannya setelah merampungkan penghijauan.

Empat RT di RW 04 adalah RT 016, RT 017, RT 018, dan RT 019. Begitu memasuki lingkungan ini, warna-warni hasil pengecatan dapat disaksikan. Jalan dengan konstruksi paving block dihias dengan beragam lukisan cat. Dari lukisan tokoh film animasi hingga lukisan 3-D (tiga dimensi).

“Dari jalan masuk lingkungan sudah terlihat perbedaan dibandingkan sebelumnya. Sekarang jalan di lingkungan kami dicat semua oleh warga, karena penataan yang lainnya sudah selesai. Tapi pengecatan masih belum merata karena masih ada yang belum selesai,” ujar Ketua RT 018 Sugeng, Minggu (29/11).

Ia memperkirakan, penataan lingkungannya sudah mencapai 80 persen. Sugeng memberikan kebebasan kepada warganya untuk berekspresi dan berkreasi saat pengecatan. Makanya, warga antusias gotong royong mempersiapkan kampungnya di Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020.

“Itu warga siang dan malam (menata lingkungan-red), dengan harapan sebelum memasuki penilaian kedua, hasil penataan sudah selesai. Sekarang banyak gang yang ditutup karena jalan di gang itu lagi dicat,” terang Sugeng.

Secara umum, penataan lingkungan RW 04 hampir selesai. Kekurangannya, antara lain, dokumen pengesahan kelompok sadar hukum dan kelompok penggerak lingkungan.

“Kami akan berupaya untuk mengurusnya ke desa sebelum penilaian dimulai. Semoga masih sempat,” harap Agus, warga RW 04. (rio/don)