RW 08 Curugdulang Tetap Jadi Andalan Desa Sukaraja

0
306 views

CIKEUSAL – RW 08 di Kampung Curugdulang kembali mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang. Makanya, hasil penataan lingkungan kampung ini saat mengikuti LKBA 2019, akan ditingkatkan. Saat ini, diklaim mencapai 90 persen.

Di LKBA tahun ini, RW 08 masuk kategori kampung berkembang. Seperti tahun 2019, kampung ini tetap menjadi andalan Pemerintah Desa Sukaraja, Kecamatan Cikeusal, untuk meraih juara.

Alhamdulillah, penataan kami tahun lalu bisa dijaga dan dirawat oleh warga. Ibu-ibu dan remaja putri cukup rajin merawat hasil penataan yang sudah dilakukan. Ketahanan pangan juga sudah berjalan, seperti kebun sayuran dan budi daya lele,” kata Ketua RT 16 RW 08 Nasir, Kamis (24/9).

Menurutnya, untuk lomba tahun ini, yang perlu dilakukan warganya adalah memperbaiki pagar yang sudah rusak, mengecat ulang pagar-pagar bambu di pinggir jalan tersebut. “Memang sudah ada beberapa (pagar-red) yang rusak, kami tinggal mengganti sama yang baru. Pagar baru juga sudah kami buat dan tinggal dipasang,” tambah Nasir.

Kekurangan kampung ini, ditambahkan Johara, adalah bank sampah untuk mengelola sampah. Sebab, warga RW 08 sudah memanfaatkan sampah organik untuk diolah menjadi pupuk.

“Bank sampah belum ada, tetapi pemanfaatan sampah sudah ada. Sampah organik sudah diolah jadi pupuk untuk kebun warga. Yang (sampah-red) plastik buat pot dan kerajinan tangan,” jelas warga RW 08 tersebut.

Kepala Desa Sukaraja Minggu Sugia menyampaikan bahwa ada delapan RW di desanya yang ikut LKBA 2020. Dan, baru RW 08, Kampung Curugdulang, yang dinilai paling siap untuk bersaing dengan RW lain di Kabupaten Serang.

“RW lain juga ada penataan, tetapi kalau Curugdulang kan sudah dari tahun lalu. Ditambah warganya cukup kompak dan bisa merawat dan menambah hasil penataan tahun lalu, Curugdulang masih akan menjadi andalan Desa Sukaraja,” tegasnya. (rio/don)