Kepala Dinsos Banten Nandy Mulya S

SERANG – Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten Nandy Mulya S mengatakan, jumlah anak jalanan mengalami peningkatan pada masa musim libur. Menurut mantan Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Banten tersebut, data peningkatan tersebut telihat dari setiap tahun pada masa liburan.

“Biasanya jumlahnya (anjal) banyak saat masa liburan dan puasa, karena anak memiliki banyak waktu luang. Sehingga mereka memutuskan untuk turun ke jalan sekalian mencari uang jajan tambahan,” ujarnya, Rabu (30/12/2015).

Namun Nandy mengaku belum mendapatkan laporan resmi dari dinas sosial kabupaten/kota. Menurutnya, data terkait anjal, sama halnya seperti pengemis dan gelandangan, datanya bersifat fluktuatif karena mereka berpindah-pindah.

“Data sejauh ini masih dalam rekapitulasi, tapi selalu bersifat fluktuatif. Karena bisa saja saat pendataan, jumlah anjal yang sedang di lapangan sedang sedikit, esoknya kerika pendataan selesai, banyak,” katanya.

Pada tahun 2014 sendiri, anjal yang terdata oleh Dinsos Provinsi Banten sebanyak 889 anjal. “Faktor utama penyebabnya sendiri kemiskinan, namun ada yang diajak oleh teman, diperintah orang tuanya, atau sekadar untuk uang jajan,” ujarnya. (Bayu)