Sabtu-Minggu, Prediksi Puncak Balik Kunjungan Wisatawan dari Pantai Anyar

0
919 views
Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Djati Utomo

CILEGON – Puncak balik kunjungan wisatawan dari Pantai Anyar diprediksi akan terjadi pada Sabtu dan Minggu besok (1-2/7). Lonjakan kendaraan yang melintas di ruas jalan menuju kawasan Pantai Anyar di Kabupaten Serang ini memang sudah tampak terlihat sejak H+1 Lebaran lalu.

Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Djati Utomo mengatakan, puncak kedatangan wisatawan luar daerah Banten di Pantai Anyar sudah terjadi pada H+1 dan H+2 Lebaran. Saat ini kunjungan kawasan Pantai Anyar telah didominasi oleh wisatawan lokal Banten. “Kalau besok wisatawan lokal yang akan ke pantai. Prediksi Minggu siang arus baliknya dari wisata, selesai chek out hotel sudah balik,” ujarnya saat ditemui di Pelabuhan Merak, Jumat (30/6).

Dijelaskannya, pola pengamanan yang dilakukan oleh pihak kepolisian dengan menerapkan sistem buka tutup pada waktu yang telah ditetapkan. Penerapan sistem ini berbeda dengan tahun 2016 lalu yang hanya melakukan sistem buka tutup jika terjadi kemacetan atau antrean kendaraan yang mengular.

“Sistem buka tutup atau one way traffic yang kita lakukan apabila masyarakat ingin ke wisata Anyar-Carita kita prioritaskan dari jam 8 pagi sampai 11 siang. Pada sore hari jam 1 atau jam 2 kita tarik mereka keluar biar membantu masyarakat yang akan pulang ke Jakarta dan sekitarnya,” katanya.

Ia mengimbau kepada para wisatawan agar tidak menggunakan kendaraan bak terbuka saat menunju kawasan Pantai Anyar. “Ini dari tahun ke tahun memang sulit. Paling kita hanya menegur, karena untuk menindak masih ada rasa kemanusian,” ucapnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)