Sabtu, Polda Banten Luncurkan Aplikasi Banten Bersatu

0
867 views
Aplikasi Banten Bersatu.

SERANG –  Polda Banten meluncurkan aplikasi Banten Bersatu pada Sabtu, 21 Januari 2017, di Alun-Alun Barat, Kota Serang, pukul 15.30 WIB. Aplikasi yang digagas Kapolda Banten Brigjen Pol Listiyo Sigit Prabowo tersebut untuk memberikan pelayanan yang cepat dan terbaik kepada masyarakat Banten.

“ika masyarakat ingin berhubungan atau ingin mendapatkan informasi atau ingin mengirimkan pesan kepada Polri tinggal klik Polri, nanti aplikasi akan langsung melayani Anda. Sedangkan jika masyarakat ingin mendapatkan informasi atau mengirim pesan atau pengaduan atau ingin berhubungan dengan pemda tinggal klik pemda dan seterusnya,” kata Kabid Humas Polda Banten AKBP Zaenudin melalui siaran pers, Kamis (19/1).

Banten Bersatu merupakan aplikasi berbasis Android yang ditujukan bagi masyarakat Banten. Aplikasi ini merupakan bentuk sinergitas berbagai instansi di wilayah Banten yaitu, pemerintah daerah di Banten, Polda Banten, TNI, kejaksaan, pengadilan, DPRD Banten, Bawaslu serta ulama di Banten.

Berdasarkan penjelasan dari aplikasi Banten Bersatu, fitur yang tersedia antara lain Siskamling GO. Di fitur ini masyarakat dapat mengupload gambar atau video aktivitas yang di lakukan berbagai instansi. Selain itu juga dapat melakukan pengaduan yang dapat ditujukan ke instansi terkait. Tiap pesan Siskamling GO yang dikirim dan ditampilkan untuk umum/publik, akan mendapatkan 10 poin. Jika mencapai poin tertentu, akan ada kenaikan level dan mendapatkan penghargaan dari instansi terkait.

Fitur Info Layanan menyediakan berbagai informasi yang disediakan oleh oleh berbagai instansi. Kemudian Live CCTV yang menampilkan CCTV secara live di berbagai titik di Provinsi Banten. Ada juga fitur berita yang berisi informasi kegiatan yang dilakukan berbagai instansi.

Ada juga fitur Banten Beriman yang berisi tausiah oleh ulama-ulama Banten. Fitur City Guide menampilkan peta petunjuk arah berbagai lokasi yang ada di Provinsi Banten. Masyarakat dapat juga mempromosikan berbagai jenis usaha dan UMKM untuk mendongkrak perekonomian masyarakat Banten.

Sementara fitur Darurat dapat digunakan jika dalam situasi bahaya dengan menekan tombol ‘Darurat’ DARURAT. Pilih kondisi darurat yang sedang dialami. Petugas Polri dengan instansi terkait akan datang ke lokasi. Tombol ‘Darurat’ ini jangan dipakai coba-coba, karena account Anda akan diblokir. Gunakan tombol ‘Darurat’ dengan bijak. (Wirda)