Sadar Diselingkuhi Saat Sidang Perceraian

Love Story

Love Story
Ilustrasi Love Story (Dok: RB)

1. Sakit Hati

Dino (45), nama samaran, merasakan sakit hati teramat dalam. Bagaimana tidak, Suanah (43) bukan nama sebenarnya, tiba-tiba saja meminta cerai. Alasannya sih karena sudah tidak cinta. Namun belakangan, terkuak rahasia jika Suanah punya lelaki idaman lain. Ohlala.

Lebih tepatnya, rahasia tersebut terkuak ketika proses perceraian masuk ke persidangan keempat. Terlihat seorang lelaki bertubuh besar mendampingi Suanah. Lelaki itu terlihat akrab dengan Suanah, bahkan dengan orangtuanya. Lalu diperjelas oleh anaknya bahwa lelaki tersebut akan menikahi Suanah. “Anak saya bilang, kalau orang itu yang akan gantikan saya jadi ayahnya. Dari situlah saya muak dan merasa sakit hati,” terangnya.

Dino betul-betul kaget dengan kenyataan itu. Sebab selama ini dia tidak tahu jika Suanah telah selingkuh di belakangnya. Apalagi setelah ditanyakan, si lelaki adalah sopir perusahaan di mana Suanah bekerja. Paling menyakitkan, perselingkuhan Suanah terjadi selama dua tahun. “Saya tidak pernah tahu kalau Suanah selingkuh dengan sopir itu. Parahnya lagi, katanya mereka sudah menjalin hubungan selama dua tahun,” ujarnya.

Padahal, Dino selama ini berusaha keras mempertahankan rumah tangganya. Apalagi, Suanah adalah cinta pertamanya. Jelas saja, Dino tidak ingin kehilangan Suanah. Terlebih jika kehilangan Suanah secara otomatis akan membuat dirinya kehilangan anak-anak. “Saya itu cinta sama Suanah, dia itu cinta pertama saya semasa SMA. Tapi setelah tahu apa yang terjadi sebenarnya, saya jadi enek lihat dia,” terangnya.

Mengetahui adanya perselingkuhan, Dino tidak lagi menghalang-halangi keinginan Suanah bercerai. Saat itu, ia meminta Pengadilan Agama mempercepat proses perceraian itu. “Saya minta ke pengadilan agar perceraian dicepatkan saja. Kalau Suanah minta hak asuh saya kasih, minta gono-gini seluruh harta saya, silakan. Apa pun saya kasih asalkan saya tidak perlu lagi melihat muka dia,” kesal Dino.

Sayangnya, permintaan Dino tidak serta merta bisa dipenuhi. Pengadilan masih perlu melakukan sejumlah proses guna kelancaran perceraian. Gara-gara itu, Dino harus menahan rasa sakit lebih lama lagi. Ia terpaksa harus melihat cinta pertamanya itu bersanding dengan selingkuhannya, si sopir perusahaan.

Duh kasihannya, tapi kenapa ya Suanah menyelingkuhi Dino? Dari informasi yang berhasil dihimpun, tampaknya ada unsur cinta lokasi pada kisah cinta terlarang Suanah dan si sopir.

Suanah yang tinggal di Serang, bekerja di sebuah perusahaan industri di Cilegon. Perusahaan itu menyediakan fasilitas antar jemput untuk para karyawan di wilayah Cilegon dan Serang. Fasilitasnya memang tidak terlalu eksklusif, bus tidak antar jemput hingga depan rumah masing-masing karyawan. Bus itu menjemput karyawan di sejumlah titik yang telah disepakati.

Nah, titik antar jemput Suanah di sebuah perempatan dekat rumahnya. Dino biasanya mengantar Suanah sampai perempatan jalan itu, lalu menjemputnya kembali di tempat yang sama. “Saya kan tukang ojek, jadi sebelum kerja saya antar dulu Suanah ke titik penjemputan. Lalu pulangnya saya jemput lagi di tempat yang sama,” terangnya.

2. Kurang ‘Jantan’

Selama berumah tangga, Dino tidak pernah berlaku kasar kepada mantan istrinya itu. Ia termasuk komplotan susis, alias suami sieun istri. Apalagi, Suanah itu cinta pertama Dino, sehingga ia cenderung ingin membahagiakan Suanah sampai akhir hayatnya.

Suanah juga terlihat biasa-biasa saja, tidak tersirat pada wajahnya rasa kecewa atau sakit hati kepada Dino. Seharusnya sih, Suanah merasa beruntung mendapatkan Dino. Namun tidak pernah bertengkar dengan suami ternyata ada efek negatif.

Ketika Suanah bertemu dengan si sopir bus perusahaan, ia melihat sosok yang tidak dimiliki Dino. Si sopir bagi Suanah cowok banget, pria yang bisa dijadikan idaman dan panutan. “Dino itu disuruh ini dan itu nurut saja. Punya suami dia itu hambar, enggak ada asin dan pedas. Luruuus saja, jadinya saya bosan. Berbeda saat dengan selingkuhan saya. Dia kalau bilang tidak suka ya tidak suka. Orangnya tegas, makanya saya suka,” jelasnya di suatu sesi mediasi.

Sisi lain yang membuatnya hilang rasa dengan Dino adalah penghasilannya sebagai tukang ojek. Menurut Suanah, Dino kurang ngotot saat ngojek sehingga sering kehilangan pelanggan. “Dia itu klemer-klemer, kalah saing dengan sesama tukang ojek. Jadi sering enggak kebagian penumpang. Enggak ada penumpang berarti enggak ada pemasukan,” jelasnya.

Awalnya, Suanah sempat galau dengan perselingkuhannya itu. Namun ia mulai yakin ketika orangtuanya mendukung hubungan Suanah dengan si sopir. “Kata ibu, hidup saya bisa lebih sejahtera kalau saya menikah dengan selingkuhan saya. Karena mendapat restu, saya memberanikan diri untuk meminta cerai,” jelasnya.

Suanah tadinya tidak ingin Dino tahu jika memiliki lelaki lain menjadi alasannya ingin bercerai. Ia berharap perpisahan dengan Dino berjalan baik-baik. Namun karena Dino bersikukuh tidak ingin bercerai, akhirnya Suanah membawa selingkuhannya itu untuk mendorong Dino setuju bercerai. “Kata ibu, kalau ingin cepat cerai bawa saja selingkuhan saya. Ternyata cara itu memang sukses. Dino mau juga saya cerai,” ujarnya. Buset bu, jahat amat dirimu. (quy/zee)