Sah, APBD Cilegon Tahun 2018 Capai Rp 1,9 Triliun

0
103

CILEGON – Perhari ini, Senin (27/11) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Cilegon tahun 2018 secara resmi telah ditetapkan sebesar Rp 1,9 triliun lebih. Angka ini mengalami kenaikan dari APBD saat tahun 2017 yang hanya sebesar Rp 1,7 triliun.

Penetapan tersebut melalui rapat paripurna DPRD Kota Cilegon dalam rangka persetujuan penetapan raperda menjadi perda tentang APBD Kota Cilegon tahun anggaran 2018 dan pengumuman masa reses DPRD Kota Cilegon.

Ketua Badan Anggaran DPRD Kota Cilegon Isro Mi’raj mengaku penetapan itu distujui setelah dilajukannya rapat gabungan dan pembahasan matang yang berjenjang.  Akhirnya disetujui bahwa APBD tahun 2018 sebesar Rp1,9 triliun lebih. Jumlah tersebut terdapat belanja daerah sekitar Rp1,9 triliun lebih, dan pendapatan sebesar 1,6 Triliun, terdapat defisit sekitar Rp 290 miliar lebih.

“Pembahasan APBD 2018 merupakan hasil rapat bersama seluruh anggota DPRD Cilegon dan SKPD (satuan kerja perangkat dinas) serta menyerap saran dan kritik seluruh fraksi,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Walikota Cilegon Edi Ariadi saatdisinggung mengenai adanya defisit sekitar Rp 290 miliar lebih mengaku hal tersebut bukanlah suatu persoalan yang menyalahi aturan. Kata dia, itu juga sudah biasa terjadi disetiap kota dan daerah lainnya selain Kota Cilegon. “Nanti dapat ditutup dengan anggaran tahun 2017 yang masuk Silpa. Akan ada jalan keluarnya,” tuturnya.

Rapat yang dilaksanakan di gedung DPRD Cilegon sekitar pukul 14.00 WIB itu tampak dihadiri oleh Plt Walikota Cilegon Edi Ariyadi, Ketua DPRD Cilegon Fakih Usman Umar, anggota DPRD Cilegon, SKPD dan para peserta rapat termasuk para anggota DPRD yang hanya di hadiri 24 anggota saja. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)