Sah, Banten Miliki Gubernur dan Wakil Gubernur Baru

Gubernur Banten Wahidin Halim dan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy setelah pelantikan di istana negara, Jumat (12/5).

SERANG – Proses pelantikan Wahidin Halim dan Andika Hazrumy sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Banten telah selesai dilakukan di Istana Negara oleh Presiden Joko Widodo. Dengan hal itu, berarti Banten telah sah memiliki Gubernur dan Wakil Gubernur yang baru.

Setelah proses pelantikan, Gubernur Banten Wahidin Halim mengungkapkan, dalam menjalankan program dan merealisasikan visi misinya, mantan Walikota Tangerang tersebut tidak menggunakan indikator 100 hari pertama.

“Gak pake 100 hari saya mah, lima tahun aja,” ujar Wahidin kepada awak media, Jumat (12/5).

Disinggung terkait program pendidikan dan kesehatan gratis, Wahidin mengaku sedang menyiapkan konsepnya. Politisi partai Demokrat tersebut memperkirakan program tersebut efektif berjalan pada tahun 2018 mendatang.

“Kemarin saya hadir di (pembahasan) RPJMD, visi misi gubernur terpilih mutlak harus ada di RPJMD, karena tanggung jawab gubernur ada di RPJMD,” jelas WH.

Di tempat yang sama, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menjelaskan, tugas gubernur dan wakil gubernur tentu sudah diatur undang-undang.

“Yang terpenting saya dah pak Wahidin Halim dapat berkolaburasi untuk mewujudkan masyarakat Provinsi Banten sesuai visi misi kita,” ujar Andika.

Ada tiga permasalahan prioritas yang harus disikapi. Dua diantaranya yaitu kualitas pendidikan dan kesehatan. Khusus kesehatan, seperti yang dijanjikannya saat kampanye yaitu bisa mendapatkan pelayanan kesehatan hanya dengan menunjukan KTP Banten.

“Hanya itu kan perlu waktu, perlu pendataan, verifikasi, hal lain agar program itu tepat sasaran,” ujar Andika.

Terakhir, Andika meminta doa kepada seluruh masyarakat Banten agar dirinya bersama Wahidin Halim bisa mengemban amanah sebagai pemimpin Banten dengan baik selama lima tahun ke depan. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)