Saipul Jamil

PENYANYI dangdut Saipul Jamil nampaknya akan lama tinggal di penjara. Lantaran Jaksa Penuntut Umum (JPU) akhirnya menuntut mantan suami Dewi Perssik atas pelecahan seksual terhadap remaja DS dengan hukuman tujuh tahun penjara.

“Kami tuntut tadi tujuh tahun penjara, berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Anak Pasal 82. Bukan pasal 292 (tentang pencabulan terhadap anak-anak),” kata Jaksa Penuntut Umum Dado AE usai persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa (7/6), seperti dilansir Jawa Pos.

Tuntutan JPU tersebut lebih rendah daripada hukuman maksimal yang ada dalam Undang-Undang perlindungan anak. Pada pasal 82 UU Perlindungan Anak akan menjerat terdakwa dengan hukuman maksimal 15 tahun penjara dan denda paling banyak Rp5 miliar.

Atas tuntutan yang belum maksimal terhadap Saipul Jamil, JPU Dado mengatakan jika hal itu semua ada dasar dan pertimbanganya. “Ada pertimbangan yang memberatkan dan meringankan,” terang Dado.

Namun dirinya enggan menjelaskan pertimbangan yang memberatkan tersebut.

Dan hanya mengatakan bahwa selama persidangan Saipul Jamil menunjukan perlakuan baik. “Dia (Saipul Jamil,red) sopan (di dalam ruang persidangan). Tuntutan tujuh tahun memang pantas untuk dia,” pungkasnya. (JPG)