Saksi Diminta Datang ke TPS Tepat Waktu

0
389 views

CILEGON – Saksi pemilu diminta datang tepat waktu ke tempat pemungutan suara (TPS) pada 17 April 2019 supaya dapat memantau mulai dari tahapan awal pemungutan hingga penghitungan suara.


Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cilegon Siswandi mengatakan, pelaksanaan bimbingan teknis (bimtek) terhadap saksi parpol merupakan amanat Undang-undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Kami meminta para saksi peserta pemilu datang tepat waktu. Jam 07.30 WIB,” ujarnya di sela-sela Bimtek Saksi Peserta Pemilu tingkat Kecamatan Cibeber di salah satu rumah makan, di Kota Cilegon, Selasa (9/4).

Selain datang tepat waktu, saksi tidak lupa membawa surat tugas. Kemudian, saksi juga dituntut memahami semua aturan berkaitan dengan proses di TPS. Para saksi dalam bimtek mendapat bekal aturan pencoblosan di TPS.

“Ini amanat undang-undang yang harus kami laksanakan. Kami berikan bimtek terkait dengan beberapa perubahan aturan,” katanya.


Siswandi menjelaskan, jumlah saksi peserta pemilu jika merujuk pada jumlah TPS, masing-masing peserta pemilu di Kota Cilegon minimal menyiapkan 1.214 saksi. Tiap TPS akan diisi saksi dari parpol, calon presiden dan wakil presiden, serta saksi dari calon DPD. “Idealnya masing-masing peserta sama dengan Bawaslu menyiapkan 1.214 saksi se Kota Cilegon,” pungkasnya. (Fauzan Dardiri)