Gubernur Rano Karno menerima piala dari Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada puntupan MTQ Nasional XXVI di Mataram, Sabtu (6/8) malam.

SERANG – Pemprov Banten menggelar kirab sebagai rasa syukur telah meraih juara umum MTQ Nasional XXVI. Kirab di pusat Kota Serang, Selasa (9/8) ini akan membawa piala bergilir Presiden RI yang akan dipimpin langsung Gubernur Rano Karno.

“Kita akan gelar di Kota Serang, mengambil start dari Stadion Ciceri Serang dan finish di Museum Negeri Banten (Eks Pendopo Gubernur-red). Pesertanya akan diikuti oleh Gubernur Banten Rano Karno, Sekda Banten Ranta Suharta, kafilah Banten dengan membawa piala bergilir presiden,” kata Asda II Pemprov Banten Eneng Nurcahyati, melalui rilis yang diterima Radar Banten Online, Senin (8/8) malam.

Menurut Eneng, kirab juara umum akan dimulai pukul 14.00 sampai dengan selesai dengan mengambil rute jalur protokol Kota Serang (Jl. Sudirman, Jl. A Yani, Jl. Veteran) dan akan dikuti oleh kendaraan hias serta puluhan kendaraan pendukung.

“Kendaraan diharapkan siap di stadion pukul 11.00 karena diperkirakan sekitar 30-40 kendaraan dari SKPD, mitra kerja/stakeholder yang akan ikut meskipun masih didata,” ucap Eneng.

Dalam kirab ini, kata Eneng akan mengambil formasi kendaraan berurutan seperti Piala Juara Umum, Gubernur Banten, Ketua Umum LPTQ dan para pengurus, Kafilah Banten dan lembaga-lembaga lain yg akan ikut memeriahkan, seperti Kwarda Pramuka, DKM, FSPP, BUMD, dan lembaga lainnya.

“Harapannya juga dari LPTQ kabupaten/kota bisa ikut serta. Marching Band Gita Surosowan akan memgawali kirab. Setelah tiba di pendopo lama akan lanjut acara penyambutan kafilah sekaligus simbolis penyerahan penghargaan untuk para juara,” tutur Eneng.

Kirab ini juga menunjang Pekan Olahraga Seni Pesantren Nasional (Pospenas) di Kota Serang. (Fauzan Dardiri)