Salat Idul Fitri Dilaksanakan di Masjid Agung Al-A’raf Rangkasbitung

0
1.142 views
Masjid Agung Al-Araf Rangkasbitung akan menggelar salat Idul Fitri dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.


LEBAK – Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Agung Al-A’raf tahun ini tidak akan melaksanakan salat Idul Fitri di Alun-alun Rangkasbitung. Pelaksanaan salat Idul Fitri 1441 Hijriyah dialihkan ke Masjid Agung Al-A’raf untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran virus corona atau Covid-19.

Ketua DKM Masjid Agung Al-A’raf Eri Rahmat mengatakan, pengurus DKM bersama pemerintah daerah memutuskan tetap menggelar salat Idul Fitri. Namun, tempatnya berbeda dengan tahun lalu. Jika biasanya dilaksanakan di Alun-alun Rangkasbitung, tahun ini salat Idul Fitri digelar di masjid agung. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Salat Idul Fitri akan tetap menerapkan protokol kesehatan dan physical distancing serta mengikuti Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam situasi Covid-19,” kata Eri Rahmat kepada Radar Banten, Jumat (22/5).

Kapasitas Masjid Agung Al-A’raf, lanjutnya, dapat menampung 2.000 orang lebih jemaah. Tapi, di tengah situasi corona, jumlah jamaah yang mengikuti salat di dalam masjid dibatasi hanya 1.000 orang. Karenanya, jika jamaah salat membeludak maka parkir kendaraan di depan masjid agung dikosongkan untuk pelaksanaan ibadah salat Idul Fitri.

“Teknisnya diatur DKM. Untuk jamaah pria ditempatkan di lantai atas, sedangkan jamaah wanita di lantai bawah. Kita juga imbau kepada masyarakat untuk memakai masker dan membawa sajadah sendiri,” tegasnya. (Mastur)