Salat Tarawih Berjamaah, Tunggu Rapat Forkopimda 

0
1057

SERANG – Pembebasan pelaksanaan salat berjamaah tarawih di luar rumah selama Ramadan di tengah Pandemi Covid-19 baru akan dibahas Pemkot Serang dan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kamis (8/4) mendatang. Rencana ini menyusul keputusan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memperbolehkan pelaksanaan salat Tarawih berjamaah di luar rumah. 

Sekretaris MUI Kota Serang Amas Tajudin mengatakan, prihal pelaksanaan peribatan di masa Pandemi Covid-19, MUI pusat telah mengeluarkan fatwa. “Fatwa MUI pusat sudah jelas. diantaranya salat jumat dapat diganti hanya salat duhur di rumah masing masing, demikian juga shalat sunah tarawih, idul fitri, dan shalat fardu sehari hari,” ujar Amas kepada Radar Banten, Senin (5/4). 

Fatwa MUI dikeluarkan, kata Amas, apabila masih mengkhawatirkan terjadinya penyebaran Covid-19. Sehingga, cukup salat di rumah masing-masing. “Namun demikian jika sudah ada kelonggaran dan tidak mengkhawatirkan maka shalat berjamaah di masjid dapat dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” katanya. 

“Mengingat keadaan belum pulih bahkan vaksinasi belum merata dan meluas, itu artinya potensi penyebaran virus masih tinggi,” tambah Amas. 

Untuk itu, MUI Kota Serang pekan ini akan berkoordinasi dengan Pemkot Serang untuk membahas secara detail teknis pelonggaran pelaksanaan aktivitas salat berjamaah menjelang Ramadan. “Kamis ini kami akan menggelar rakor,” katanya.

Terpisah,  Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin mengatakan, Pemkot Serang telah mengeluarkan Peraturan Walikota terkait dengan pelaksanaan kegiatan. Termasuk, pelaksaan salat berjamaah. “Pemkot bukan melarang ibadah, tapi mengantisipasi terjadinya penyebaran wabah Covid-19,” katanya. 

Terkait menindaklanjuti keputusan pemerintah pusat, kata Subadri, Pemkot Serang baru akan membahas dalam rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Serang. “Secara teknis, mana saja yang akan diperbolehkan dan tidak akan dibahas bersama,” terangnya. (Fauzan Dardiri)