Salurkan BPNT, Pemkot Cilegon Ingatkan Warga Mampu Jangan Mengaku Miskin

CILEGON – Dinas Sosial Kota Cilegon menyalurkan bantuan pangan non tunai (BPNT) tahun 2018 kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di Kelurahan Gedong Dalem, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Senin (5/2).

Kepala Dinas Sosial Kota Cilegon Abadiah mengatakan, seluruhnya di Kota Cilegon ada sebanyak 10.383 keluarga penerima manfaat dari program BPNT tersebut. Pembagian BPNT dilakukan setiap bulan per tanggal 25.

“Setiap KPM menerima Rp 110 ribu, tapi bukan uang yang diterima tapi berupa beras, telur dan gula. Karena harga beras saat ini sedang mahal jadi timbangan yang diterimanya berkurang,” ucapnya.

Ia menjelaskan, setiap pembagian bantuan dilakukan di setiap E-Warong di lingkungan masing-masing yang terpilih. “Seharusnya setiap bulan mendapatkan bantuan, tapi karena Bulognya antre berasnya. Sehingga baru ini mendapatkan giliran dari Bulog. Kalau kemarin kan dua bulan sekali, tapi sekarang harus satu bulan sekali,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Wali Kota Cilegon Edi Ariadi yang juga menghadiri pembagian BPNT tersebut berharap agar keluarga penerima manfaat tidak selalu tergantung dengan bantuan yang diberikan oleh pemerintah. Ia menginginkan masyarakatnya yang mandiri.

“Memang seharusnya begitu (mandiri). Agar tidak statis. Ada itu yang punya beberapa anak, apakah anaknya tidak bekerja. Makanya perubahan itu harus diupayakan. Agar tidak selalu setiap tahun orangnya dilihat itu-itu saja,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Camat Jombang Agus Ariyadi mengucapkan rasa terima kasihnya kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan kepada warga yang terbilang kurang mampu. Ia juga mengingatkan kepada masyarakat yang mampu agar tidak mengaku miskin agar mendapatkan bantuan dari pemerintah.

“Ya mudah-mudahan ke depan masyarakat kita harus ada perubahan dan menyadari agar jangan sampai memiskinan diri. Yang bisa merubah diri kita yang harus diri kita sendiri. Sikap mental jangan sampai mau merasa miskin,” tuturnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)