Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany menggunakan hak pilihnya di TPS 28, Kompleks Sutera Narada, Alam Sutera.

SERANG – Pencoblosan dan penghitungan suara Pemilu 2019 di Banten, Rabu (17/4), berlangsung aman. Warga antusias berbondong-bondong ke TPS. Penghitungan suara untuk capres dan cawapres dihitung pertama kali dimulai sekira pukul dua siang.

Berdasarkan data yang dihimpun Radar Banten dari masing-masing TPS, perolehan suara paslon 01 Jokowi-Ma’ruf Amin dan paslon 02 Prabowo-Sandi masing-masing unggul di TPS kepala daerah.

Di TPS 03, Kelurahan Pinang, Kota Tangerang, tempat Gubernur Wahidin Halim mencoblos Prabowo-Sandi unggul dengan perolehan 110 suara. Sementara Jokowi-Ma’ruf meraih 51 suara. Jumlah suara tidak sah di TPS ini satu suara.

Keunggulan yang sama juga terjadi di TPS Wakil Gubernur Andika Hazrumy dan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mencoblos. Andika dan Tatu mencoblos di TPS 23, Kecamatan Cipocokjaya, Kota Serang. Di TPS ini Prabowo-Sandi unggul dengan perolehan suara 140. Sedangkan Jokowi-Ma’ruf Amin 83 suara dan suara tidak sah ada empat.

Usai mencoblos Andika kepada wartawan mengaku pencoblosan kali ini merupakan sesuatu yang baru. “Pertama kali, di satu waktu mencoblos lima kertas suara. Tentu ada kesulitan,” tuturnya. Ia mengaku harus berhati-hati saat memilih. Dari lima surat suara itu, hanya surat suara pilpres yang mudah sedangkan lainnya sulit.

Keunggulan suara Prabowo-Sandi juga terjadi di TPS tempat Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dan Bupati Pandeglang Irna Narulita mencoblos.  Iti mencoblos di TPS 01, Kampung Kaum Pasir, Kelurahan Rangkasbitung Barat, Kecamatan Rangkasbitung. Pasangan Prabowo-Sandi  meraih suara 176 dan Jokowi-Ma’ruf hanya 35 suara. Sementara suara tidak sah ada dua.

Penghitungan di TPS yang berada di jalan Iko Jatmiko tepatnya di depan RSUD Adjidarmo Rangkasbitung itu berjalan lancar dengan disaksikan kedua saksi paslon dan masyarakat sekitar. “Ya, dari penghitungan suara di TPS 01, pasangan nomor 01 mendapat suara 35 dan pasangan 02 mendapat 176 suara,” kata anggota KPPS 01, Nana Sukmana.

Sementara, di TPS 17 Ambuleuit, Pandeglang, tempat Bupati Irna Narulita mencoblos, Prabowo-Sandi kembali unggul dengan memeroleh 226 suara sementara Jokowi-Ma’ruf 43 suara. Total DPT di sini 268.

Keunggulan Prabowo-Sandi juga terjadi di TPS 03, Kelurahan Cipocok, Kecamatan Cipocokjaya, tempat Walikota Serang Syafrudin mencoblos. Prabowo-Sandi unggul dengan perolehan 147 suara. Sedangkan Jokowi-Ma’ruf 54 suara dan surat suara tidak sah 2. Pemilih di TPS 03 ada 235 dan yang hadir 202 orang.

Usai mencoblos, Syafrudin berharap partisipasi masyarakat mencapai 80 persen. “Siapapun yang terpilih, ini adalah pilihan masyarakat,” ujar Syafrudin, Rabu (17/4). Syafrudin mengaku tidak kesulitan saat mencoblos surat suara. “Tapi agak ribet saja saat memilih legislatif karena kertasnya besar,” tuturnya.

Sementara keunggulan suara paslon 01 terjadi di TPS Bupati Tangsel Airin Rachmi Diany, TPS Walikota Tangerang Arief R Wismansyah, TPS Bupati Tangerang A Zaki Iskandar, dan TPS tempat mencoblos Walikota Cilegon Edi Ariadi.

Jokowi-Ma’ruf menang telak dengan suara 212 di TPS 28, Kompleks Sutera Narada, Alam Sutera, tempat Walikota Airin Rachmi Diany menyalurkan hak pilihnya. Sedangkan Prabowo-Sandi hanya 19 suara. “Pasangan calon presiden nomor satu mendapatkan 212 suara dan nomor dua memeroleh 19 suara,” kata Ketua KPPS TPS 28, Adi Santosa saat membacakan hasil final surat suara. Surat suara tidak sah berjumlah satu suara. Total pemilih di TPS ini 232 orang.

Walikota Tangsel Airin melakukan pencoblosan bersama dengan anak pertamanya, Tubagus Ghifari Wardana. Airin yang datang mengenakan kemeja putih dengan kerudung kuning tersebut tiba pukul 09.00 WIB.

Di TPS TPS 13, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Karawaci, tempat Walikota Tangerang Arief R Wismansyah, perolehan suara Jokowi mendominasi. Hasil pemungutan suara di TPS Walikota Tangerang berdasarkan formulir C1 paslon 01 unggul dibandingkan paslon 02. Paslon 01 memeroleh 201 suara, sementara paslon 02 memeroleh 56 suara. Dalam formulir C-1 itu jumlah surat suara yang tercoblos sebanyak 257 surat suara dan tidak ada surat suara tidak sah.

Hasil penghitungan di TPS 04 Cilenggang, Sport Club Greencove Serpong, yang merupakan tempat Bupati Tangerang  A Zaki Iskandar mencoblos, paslon 01 unggul dari paslon 02. Dari surat suara sah, paslon 01 mendapat 215 suara. Sedangkan paslon 02 hanya 36 suara.

“Warga sangat antusias datang menggunakan hak pilih politiknya. Mereka sudah mulai berdatangan pukul 07.30 WIB,” kata David Petugas Ketertiban di TPS 04 Cilenggang, Greencove, Serpong, Rabu (17/4).

Sementara itu, paslon 01 menang tipis di TPS lokasi Walikota Cilegon Edi Ariadi dan Ketua DPRD Kota Cilegon Fakih Usman menggunakan hak pilihnya. Edi Ariadi dan Fakih menggunakan hak suara di TPS yang sama, yaitu TPS 27 Pondok Cilegon Indah (PCI).

Di TPS itu, Jokowi-Amin mengantongi 76 suara, sedangkan Prabowo- Sandi mengantongi 58 suara. (Rostinah/Mastur/Adib/Iwan/Wahyu/Bayu)