Sambangi Lima Perusahaan Gula di Banten, Mendag Minta Gula Segera Disalurkan

0
1.245 views

CILEGON – Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita hari ini mengunjungi lima perusahaan gula terbesar di Banten, yang masuk kewilayah Kabupaten Serang dan Kota Cilegon, Kamis (15/6).

Kelima perusahaan gula tersebut antara lain, PT. Angel Product di Kabupaten Serang, PT. Duta Sugar Internasional di Kabupaten Serang, PT. Permata Dunia Sukses Utama (PDSU) di Kota Cilegon, PT. Sentral Usahatama Jaya (SUJ) di Kota Cilegon, dan PT. Jawa Manis di Kota Cilegon.

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengatakan berdasarkan hasil pemantauannya penjualan gula dalam kemasan dengan harga referensi daerah Rp.12.500 telah merata disetiap daerah. “Sehingga dengan beredarnya itu, karena didalam kemasan sudah ada harga 12.500 tidak mungkin lagi ada permainan untuk orang menjual lebih,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, mengenai harga gula perkilogram Rp. 12.500 itu telah seusai dengan harga yang ditetapkan pada HRD (harga referensi daerah). “Secara keseluruhan dari pabrik yang kita kunjungi stok aman dan pendistribusiannya lancar,” katanya.

Dari kunjungannya itu, ia mengaku meminta pihak perusahaan agar mengeluarkan seluruh stok gula dari pabriknya tersebut untuk segera didistribusikan dalam menyambut lebaran tahun ini. “Agar dalam hari-hari ini segera dikeluarkan produknya dari gudang. Untuk menghindari kemacetan pada H-4 lebaran, makanya kami minta untuk segara disalurkan,” tuturnya.

Dijelaskannya, pendistribusian pada bahan pokok mendapat pengecualian dibandingkan barang lainnya menjelang lebaran ini. Namun harus menggunakan angkutan yang sesuai dalam aturan yang telah ditetapkan. “Harus menggunakan kendaraan dua sumbu. Kendaraan yang lebih kecil. ” ucapnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)