Sampah, PR Terbesar Warga Pelopor

0
724 views

CIPOCOK JAYA – Warga Lingkungan Pelopor, khususnya RT 02 RW 03, Kelurahan Karundang, Kecamatan Cipocok Jaya, masih punya PR (pekerjaan rumah) besar. Untuk bisa berkompetisi dalam Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, mereka harus bisa merampungkan permasalahan sampah rumah tangganya.

Masremi, Lurah Karundang, mengakui jika sampah masih menjadi persoalan besar di wilayahnya. Di RT 02 RW 03, Lingkungan Pelopor, misalnya, akibat belum dilengkapi tempat pembuangan sementara, warga memanfaatkan lahan kosong sebagai tempat pembuangan sampah.

“Selama ini, mereka ngebuangnya ke lahan itu. Memang, lahan pembuangan sampah adalah PR di lingkungan itu (Lingkungan Pelopor-red),” ungkap Masremi, Jumat (3/4).

Oleh sebab itu, jelas Masremi, penataan RT 02 RW 03, Lingkungan Pelopor, akan diawali dengan membersihkan lahan kosong yang dijadikan tempat pembuangan sampah tersebut. Agar tidak lagi digunakan sebagai tempat pembuangan sampah, lahan kosong itu akan dipagari. Kemudian, tempat sampah akan diletakkan di beberapa lokasi di RT 02 RW 03, Lingkungan Pelopor.

“Tempat sampah akan dipasang di beberapa titik, biar warga enggak buang sampah sembarangan ke lahan kosong lagi,” ujarnya.

Rencana penanganan sampah ini dibenarkan oleh Ketua RW 03, Lingkungan Pelopor, Ridwan Arifin. “Karena apabila lahan kosong itu belum dibersihkan, sama juga bohong,” tandasnya. “Nanti kalau penataan di sana (lahan kosong-red) sudah selesai, baru kita rapihkan pos ronda,” tutup Ridwan. (rio/don)