Samparwadi Hijau oleh Pohon Mangga

0
83

TIRTAYASA – Pohon mangga menjadi ikon dan andalan warga Kampung Samparwadi, Desa Puser, Kecamatan Tirtayasa. Di setiap pekarangan rumah warga Samparwadi, pohon mangga tumbuh subur. Cukup menghijaukan perkampungan ini. Satu modal untuk Samparwadi, khususnya lingkungan RW 001, berkompetisi dalam Kampung Bersih dan Aman 2019.

“Sejak dulu, pohon mangga sudah jadi ikon Kampung Samparwadi,” tegas Suwarna, Sekrataris Desa Puser, kepada Radar Banten di ruang kerjanya, Selasa (3/9).

Selain sebagai ikon, pohon mangga juga menjadi ladang penghasilan warga Samparwadi ketika panen. Banyak pedagang buah dari Pasar Rau, Kota Serang, yang membeli mangga di Samparwadi. “Alhamdulillah, pohon mangga di sini jadi berkah,” kata Suwarna.

Suwarna mengaku sudah menyosialisasikan Lomba Kampung Bersih dan Aman kepada warga Samparwadi. Persiapan seperti gotong royong untuk membersihkan lingkungan sudah dilakukan sejak dua pekan lalu.

Untuk membersihkan lingkungan RW 001, Suwarna mengatakan, pihaknya bersinergi dengan anggota Desa Tangguh Bencana (Destana). Sementara, untuk urusan keamanan lingkungan, diserahkan kepada anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) yang berjaga setiap malam. “Kami juga mengajak pemuda untuk peduli lingkungan,” ujarnya.

Suwarna mengakui, Samparwadi belum bisa memenuhi empat persyaratan Kampung Bersih dan Aman. Yakni, setiap RW harus memiliki tempat pembuangan sampah (TPS), sistem keamanan lingkungan (siskamling), kelompok pemuda sadar hukum, dan kelompok sadar lingkungan. “Kami baru ada siskamling,” ujarnya.

Karenanya, sampah rumah tangga di Samparwadi dikelola sendiri oleh warga. Di belakang rumah, warga membakarnya. “Nanti kita musyawarahkan lagi dengan warga (untuk melengkapi keempat persyaratan Kampung Bersih dan Aman-red),” kata Sawarna.

Ketua RW 001, Kampung Samparwadi, Supriyadi menyebutkan, penduduk di kampungnya sekira 1.800 jiwa dari 400 kepala keluarga (KK). Ia berharap, Lomba Kampung Bersih dan Aman bisa memotivasi warga agar tetap menjaga lingkungan. “Jadi timbul kesadaran untuk membuat lingkungan tetap bersih dan aman,” katanya.

Ketua RT 02 RW 001, Kampung Samparwadi, Cecep Saputra tidak meragukan kekompakan dan semangat warganya bergotong royong. Tak hanya membersihkan lingkungan, kekompakan warga Samparwadi juga terlihat ketika menjaga keamanan kampung di di pos ronda, meski bukan jadwalnya.

“Semoga, Kampung Samparwadi bisa jadi kampung percontohan,” harap Cecep.

Pantauan Radar Banten, penghijauan di Samparwadi tak hanya dari pohon mangga. Pohon-pohon mangga cukup membuat kampung teduh. Di pekarangan rumah warga ada juga tanaman lain, seperti cabai, tomat, dan pepaya.

Siskamling juga menambah modal Samparwadi. Hampir di setiap gang perkampungan, berdiri pos ronda. (mg06/don/ags)