Sanksi PSBB Tahap Tiga Tetap Teguran

Sebanyak 910 petugas kebersihan dan pertamanan di DLH Kota Tangsel mendapat paket sembako. Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany kepada Kepala DLH Kota Tangsel Toto Sudarto, Senin (18/5).

CIPUTAT – Sejak Minggu (17/5), pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap dua di Kota Tangsel telah berakhir. Namun, tingkat kepatuhan masyarakat belum juga mencapai target, yakni 90 persen. Sehingga, PSBB tahap ketiga diberlakukan sejak Senin (18/5) sampai 31 Mei.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, PSBB di Kota Tangsel diperpanjang karena, kasus covid-19 di Kota Tangsel masih tinggi. “Berdasarkan Kepgub (Keputusan Gubernur) diperpanjang sampai 31 Mei mendatang,” ujarnya kepada wartawan, Senin (18/5) di Balai Kota.

Airin menambahkan, dalam perpanjangan PSBB, Pemkot memperketat PSBB. Namun, sanksi tetap tidak berubah yakni hanya teguran sesuai dengan Peraturan Walikota (Perwal) Nomor 13 tahun 2020. “Kita akan perketat tapi, tidak ada relaksasi. Soal sanksi tentunya sudah ada dan diatur salam Perwal,” tambahnya.

Masih menurutnya, sebelum ditemukannya vaksin covid-19, maka PSBB bisa jadi edukasi untuk masyarakat. Selain itu, dengan adanya PSBB juga menjadi kebiasaan baru, contohnya cuci tangan, pakai masker, jaga jarak dan melakukan aktivitas seperlunya.

Ibu dua anak ini menuturkan, pengalaman dari PSBB tahap kedua yakni jalanan menjadi macet dan banyak warga yang belanja ke supermarket, maka pada PSBB ketiga ini diharapkan tidak lagi terjadi dan terutama jelang lebaran. “PR kita adalah harus saling mengingatkan dan memutus rantai penyebaran covid-19,” ungkapnya.

Sebelumnya, Jumat (15/5) Gubernur Banten Wahidin Halim telah mengeluarkan keputusan gubernur (Kepgub) Banten Nomor 443/Kep.157-Huk/2020 tentang penetapan perpanjangan tahap kedua pembatasan sosial berskala besar di wilayah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan dalam rangka percepatan penanganan Covid-19. Dalam Kepgub tersebut, Gubernur Banten menetapkan PSBB diperpanjang selama 14 hari. Sejak 18 Mei sampai 31 Mei 2020, dan dapat diperpanjang jika masih terdapat bukti penyebaran covid-19. (asp/rbnn)