Satgas Covid-19 MUI Banten-Dinkes Siap Bersinergi

0
3.002 views

SERANG – Satgas Penanganan Covid-19 MUI Provinsi Banten menemui Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banten Ati Pramudji Hastuti di Dinkes Banten, Selasa (30/6). Dalam pertemuan yang berlangsung akrab itu, Satgas Covid-19 MUI Banten dan Dinkes Banten sepakat untuk melakukan koordinasi dan pertemuan rutin untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

Keduanya juga siap melakukan sosialisasi protokol kesehatan khususnya perilaku hidup bersih dan sehat serta promosi kesehatan dengan narasi agama. Sinergi ini dibangun untuk kepentingan umat.

Pengarah Satgas Covid-19 MUI Provinsi Banten Prof. Dr. KH. Sholeh Hidayat berharap MUI bersama Dinkes juga dapat melakukan pendidikan Covid-19 kepada masyarakat dengan menggunakan narasi agama. Kata Prof Sholeh, pendidikan Covid-19 ini penting agar masyarakat tidak termakan berita hoax.

Ketua Satgas Covid-19 MUI Banten Dr. H. Fadlullah menambahkan, MUI melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan mengeluarkan fatwa dan memasyarakatkannya melalui tulisan di media maupun lisan dalam bentuk khutbah ceramah dan rekaman video. Satgas Covid-19 MUI Banten juga berkolaborasi bersama ormas Islam seperti FSPP, DMI, ICMI, dan Laz Harfa melakukan gerakan amal umat penanggulangan dampak sosial Covid-19. Kegiatan amal yang dilakukan antara lain pembagian paket sembako berbasis masjid dan pondok pesantren. “Satgas Covid-19 MUI Provinsi Banten juga melakukan gerakan bersama Forum Kerukunan Umat Beragama dalam bentuk pembagian masker dan lain lain,” katanya seperti rilis yang diterima Radar Banten, Selasa (30/6).

Sementara Kepala Dinkes Banten Ati Pramudji Hastuti menyampaikan pentingnya kolaborasi Dinkes dengan para pihak terutama ulama dalam pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19. “Tenaga medis perlu dukungan moral dan spiritual dari ulama,” katanya.

Ia juga menyampaikan bahwa rapid test yang sekarang gencar dilakukan untuk warga termasuk pondok pesantren bersifat sukarela, gratis, dan tidak ada pungutan apa pun. (alt)