Satu Bulan Terakhir, 760 Kasus DBD Terjadi di Banten dan 25 Orang Meninggal

0
714 views
Ilustrasi/ Inet

SERANG – Selama satu bulan terakhir di awal tahun 2016, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) mencapai 760 kasus. Dari total kasus yang terjadi, 25 orang di antaranya meninggal dunia. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, M Yanuar, Selasa (2/2/2016).

Menurut keterangan Yanuar, kasus DBD paling banyak terjadi di Kabupaten Tangerang dengan 270 kasus, dan yang menyebabkan kematian hingga 13 kasus. Tertinggi kedua yaitu Kabupaten Pandeglang sebanyak 199 kasus dengan angka kematian akibat penyakit tersebut mencapai empat kasus.

“Di Kabupaten Serang penderita mencapai 50 orang dan tiga di antaranya meninggal dunia, Kabupaten Lebak yang menderita sebanyak 35 orang, Kota Tangerang sebanyak 32 orang, namun di dua daerah tersebut tidak ada korban jiwa. Untuk Kota Serang yang menderita sebanyak 44 orang dan satu orang yang meninggal dunia, Kota Cilegon sebanyak 30 orang dan dua orang meninggal dunia, sedangkan Kota Tangsel sebanyak 100 orang dengan jumlah korban jiwa sebanyak dua orang,” papar Yanuar.

Menyikap hal tersebut, menurut Yanuar, pihaknya telah menyampaikan surat edaran kesiapsiagaan menghadapi kejadian luar biasa DBD tersebut. Kemudian mendistribusikan logistik seperti insektisida, larvasida dan alat penunjang cepat diagnostik DBD.

“Dinas Kesehatan pun telah turun ke lapangan untuk memastikan adanya kejadian luar biasa. Saya harap masyarakat tidak panik menghadapi pemberitaan lonjakan kasus DBD, tetapi tetap waspada dengan melakukan upaya-upaya yang sederhana,” ujarnya. (Bayu)